Jangan Pakai Oli Motor Manual untuk Motor Matic

Jumat 19-07-2024,18:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meski peralihan ke sepeda motor matic sudah mengalami kemajuan di Indonesia, namun masih banyak juga pengendara yang menggunakan sepeda motor manual.

Konsensus umum adalah bahwa sepeda motor manual lebih kokoh dan lebih tahan terhadap beban berat dibandingkan sepeda dengan transmisi otomatis alias sepeda motor matic.

Sepeda motor manual sering digunakan di medan yang berat karena ketangguhan dan keandalannya. Meski bukan tujuan awal, sepeda motor manual kerap digunakan untuk mengangkut barang.

Perawatan sepeda motor secara manual, terutama perawatan komponen mekanis, memerlukan kehati-hatian karena sering kali memerlukan tenaga kerja yang berat.

BACA JUGA:7 Tips Berkendara dengan Nyaman Menggunakan Motor Matic Murah bagi Perempuan, Yuk Perhatikan!

BACA JUGA:Inillah Data Kepemilikan Penting yang Harus Ada Saat Membeli Motor Matic Second Walau dengan Harga Murah

Oli mesin merupakan bagian terpenting dalam perawatan rutin. Penggunaan oli mesin sepeda motor manual yang berkualitas rendah dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin, penurunan performa, dan konsumsi bahan bakar yang terbuang.

Oleh karena itu, penggunaan oli mesin yang berkualitas tinggi sangatlah penting. Sebelum mengganti oli, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu jenis olinya.

Karena dominasi populasi sepeda motor matic saat ini, ketersediaan oli sepeda motor matic di pasaran pun semakin meningkat. Jadi, jangan salah membeli oli. 

Oli mesin manual dan oli mesin matic mempunyai kandungan aditif yang berbeda. Sebelum kita mendalami perbedaan oli mesin sepeda motor matic dan sepeda motor manual, mari kita bahas terlebih dahulu perbedaan kedua mesin tersebut.

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

BACA JUGA:Punya Bodi Ramping Namun Kurang Disukai, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Aerox 125 LC

Perbedaan paling mendasar antara kedua tipe sepeda motor ini adalah pada sistem koplingnya. Ini adalah sepeda motor manual yang menggunakan kopling basah.

Artinya komponen kopling seperti lapisan kopling basah dan terendam oli mesin. Sedangkan sepeda motor matic menggunakan sistem kopling kering yang tidak direndam oli mesin.

Seperti yang Anda ketahui, komponen kopling menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Agar berfungsi optimal, gesekan mesin sepeda motor manual harus dijaga.

Kategori :