5 Kesalahan Fatal Merawat Pentil Ban Motor Matic yang Perlu Dihindari

Sabtu 20-07-2024,10:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ban motor matic merupakan salah satu komponen penting yang menunjang keselamatan dan kenyamanan pengendara. Oleh karena itu, penting untuk merawatnya dengan baik dan benar. 

Namun, banyak orang yang melakukan kesalahan fatal saat merawat pentil ban motor matic, yang dapat membahayakan keselamatan mereka. Berikut adalah Kesalahan Fatal Merawat Pentil Ban Motor Matic yang Perlu Dihindari:

1. Memakai penutup pentil ban yang tidak sesuai

Pentil ban motor matic merupakan komponen kecil namun penting dalam menjaga tekanan udara di dalam ban. Tekanan udara yang tepat pada ban matic akan memberikan kestabilan, handling yang optimal, dan keausan ban yang lebih merata.

Namun, pentil ban yang terekspos debu dan kotoran dapat tersumbat dan menyebabkan kebocoran udara. Hal ini dapat membahayakan pengendara karena ban yang kempes dapat menyebabkan kehilangan kendali dan kecelakaan.

BACA JUGA:5 Penyebab Ban Motor Matic Menjadi Kempis Walaupun Tidak Pernah Digunakan

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Alasan Mengisi Ban Motor Matic dengan Nitrogen

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan penutup pentil ban yang sesuai. Penutup pentil ban yang tidak sesuai, seperti tutup botol atau tutup plastik, tidak dapat memberikan perlindungan yang optimal.

Alasan Mengapa Penutup Pentil Ban yang Tidak Sesuai Berbahaya:

  1. Mudah Lepas: Tutup botol dan tutup plastik tidak didesain untuk menempel erat pada pentil ban. Getaran dan goncangan saat berkendara dapat menyebabkan tutup lepas.
  2. Tidak Tahan Cuaca: Tutup botol dan tutup plastik biasanya terbuat dari bahan yang tidak tahan air dan cuaca panas. Bahan ini dapat rapuh dan pecah.
  3. Menyebabkan Karat: Tutup botol dan tutup plastik yang terbuat dari logam dapat berkarat dan mengotori pentil ban. Hal ini dapat membuat pentil ban sulit dibuk.

2. Memompa ban dengan tekanan berlebihan

Tekanan ban yang tepat merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara motor matic. Tekanan ban yang ideal akan memberikan kestabilan handling, performa pengereman yang optimal, dan keausan ban yang merata.

Namun, banyak orang yang salah kaprah dan beranggapan bahwa ban yang dipompa dengan tekanan tinggi akan lebih awet dan tahan lama. Anggapan ini salah dan justru dapat berbahaya.

BACA JUGA:4 Efek Buruk Mengganti Ban Motor Matic Dengan Ukuran yang Lebih Besar

BACA JUGA:Berapa Batas Ban Motor Matic Masih Bisa Ditambal?, Ini Jawabannya

Kategori :