Motor Listrik BL-SEV01 Bisa Ngebut 160 Km/Jam, Cek Spesifikasinya!

Kamis 18-07-2024,12:09 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Motor Listrik Selis Go Plus Single Lithium, Mampu Menanjak 25 Derajat

Proses pengisian baterai dari nol hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 4 jam, memudahkan pengguna dalam merencanakan perjalanan jauh tanpa khawatir kehabisan energi di tengah perjalanan.

Teknologi dan Inovasi Lokal

Sebagai produk inovasi lokal, sekitar 80% komponen BL-SEV01 diproduksi di dalam negeri, menunjukkan komitmen UBL dalam mendukung industri otomotif nasional. Meskipun demikian, beberapa komponen seperti baterai masih harus diimpor karena belum tersedianya produsen lokal yang memenuhi standar kualitas dan kapasitas yang dibutuhkan.

Kolaborasi dan Pengembangan

BL-SEV01 tidak hanya merupakan hasil karya UBL semata. Motor listrik ini adalah hasil kolaborasi antara Universitas Budi Luhur, rumah modifikasi Katros, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kolaborasi ini memungkinkan pengembangan teknologi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan medan di Indonesia, menciptakan solusi transportasi yang tidak hanya modern tetapi juga adaptif terhadap lingkungan.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik BL-SEV01

Motor listrik BL-SEV01 dari Universitas Budi Luhur (UBL) telah menarik perhatian sebagai inovasi terbaru dalam industri kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Dengan fokus pada efisiensi energi dan performa tinggi, BL-SEV01 menawarkan sejumlah kelebihan yang patut diperhatikan, namun juga menghadapi beberapa tantangan yang perlu diatasi.

Kelebihan BL-SEV01

Berikut beberapa kelebihan dari motor listrik ini.

1. Kecepatan Tinggi

BL-SEV01 dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 160 kilometer per jam, menandingi sepeda motor bermesin konvensional berkapasitas 250cc. Ini menjadikan motor ini pilihan yang menarik bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi.

2. Efisiensi Energi

Dengan baterai lithium-ion berkapasitas 48Ah, BL-SEV01 dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer dengan satu kali pengisian penuh. Proses pengisian yang cepat, hanya dalam waktu 4 jam, juga memudahkan pengguna dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

3. Teknologi Modern

Kategori :