6 Faktor Penyebab Handle Gas Motor Matic Menjadi Berat yang Harus Diperhatikan

Selasa 16-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor matic merupakan sekutu andalan yang akan selalu menunjang perjalanan sehari-hari Anda dengan mudah dan nyaman.

Sepeda matic banyak dipilih orang karena kepraktisannya, karena tidak perlu khawatir dengan persneling atau kopling. 

Sepeda motor matic bisa berjalan sesuka hati hanya dengan bensin. Elemen terpenting pada sepeda motor matic adalah pegangan throttle.

Ya, throttle pada sepeda motor matic merupakan bagian penting yang mengontrol pasokan bahan bakar dan memastikan kecepatan tertentu.

BACA JUGA:10 Tips Negoisasi untuk Mendapatkan Motor Matic Second Murah

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Vespa 946 Dragon

Namun, pegangan throttle sering kali diabaikan saat perawatan sepeda motor matic. Alhasil, grip gas terasa berat sehingga menyulitkan pengendalian sepeda motor matic.

Jika gas sepeda motor matic anda terasa berat, hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Jika gas motor matic Anda terasa berat, mungkin disebabkan oleh berbagai hal, antara lain:

1. Penggantian Oli Tidak Teratur

Oli merupakan salah satu pelumas yang berperan penting dalam menjaga mesin motor matic tetap lancar dan dalam kondisi optimal.

BACA JUGA:Cara Menghidupkan Mesin Motor Matic yang Tak Bisa Distarter

BACA JUGA:Penyebab Mesin Motor Matic Tidak Bisa Hidup Jika Tanpa Aki

Jika oli tidak diganti secara berkala, pelumas pada mesin bisa mengering dan mengalami kegagalan fungsi.

Hal ini meningkatkan gesekan antar komponen mesin dan dapat membuat cengkeraman gas sepeda motor matic terasa lebih berat.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda mengganti oli secara rutin sesuai dengan jadwal atau jarak tempuh yang direkomendasikan pabrikan sepeda motor. 

Kategori :