CCTV Dinhub di Persimpangan Belum Bisa Diakses Online Masyarakat Umum

Rabu 10-07-2024,17:58 WIB
Reporter : Amarullah Nur Cahyo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Empat alat CCTV (Closed Circuit Television) atau kamera pantau yang terpasang di perempatan Sirongge, Purbalingga, belum bisa diakses online melalui android untuk masyarakat umum.

Meski begitu, tayangan sudah bisa terpantau petugas Dinas Perhubungan (Dinhub) di komputer kantor setempat.

Kepala Dinhub Kabupaten Purbalingga, Raditya Widayaka mengatakan, tahun depan jika memungkinkan anggaran, akan diupayakan akses online oleh umum.

"Kami sementara masih untuk data di kantor dan sesekali jika dibutukan berkoordinasi dengan polisi lalulintas Polres Purbalingga," katanya, Rabu 10 Juli 2024 sore.

BACA JUGA:Empat CCTV Dinhub di Persimpangan Sirongge Mulai Beroperasi

BACA JUGA:Realisasi CCTV di Persimpangan Sirongge Telan Rp 90 Juta

Sejak Januari lalu, kamera yang digunakan untuk mengawasi, memantau, atau merekam kondisi suatu lokasi untuk tujuan tertentu itu sudah terekam di dekoder Dinhub.

"Terkait anggaran, karena harus ada alat lagi jika akan diakses online, maka butuh dana tambahan lagi. Jadi sementara pantauan langsung dan lewat monitor di dinas," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kamera ini juga bisa berfungsi sebagai alat bukti merekam saat ada kejadian di jalan raya, baik kecelakaan lalulintas maupun kejahatan.

"Adanya CCTV juga bisa membantu penanganan saat terjadi kemacetan maupun kecelakaan dengan lebih cepat," katanya.

Kedepan, jalan raya utama Purbalingga- Bobotsari- Pemalang selalu padat. Terlebih jika libur akhir pekan dan lebaran. (amr)

Kategori :