7 Hal yang Menyebabkan Motor Matic Honda Vario 150 Tidak Bisa Distarter

Kamis 04-07-2024,05:25 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Tegangan baterai tipikal sepeda motor matic adalah sekitar 12 volt, jika tegangan aki kurang dari 12 volt maka aki tersebut harus diganti. Misalnya sepeda motor matic Vario 150 yang konsumsi tenaganya 46,9 km/liter. 

Artinya sepeda motor matic Vario 150 mampu menempuh jarak 46,9 kilometer dengan satu liter bensin. Dengan asumsi 1 liter bensin setara dengan 1,2 kWh, maka konsumsi daya sepeda motor Vario 150 adalah 38,3 watt/km. 

Jadi sederhananya konsumsi daya sepeda motor matic Vario 150 adalah 38,3 Watt/km. Tentu saja hal ini memakan daya yang besar mengingat rata-rata watt aki sepeda motor matic Honda Vario 150 adalah sekitar 60 watt.

2. Kabel aki sepeda motor matic rusak

Kabel aki sepeda motor matic yang rusak akan memutus aliran listrik dari aki ke mesin sepeda motor matic bahkan dapat membuat sepeda motor Vario 150 Anda tidak dapat dihidupkan.

BACA JUGA:4 Kekurangan Motor Matic Yamaha Freego yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

BACA JUGA:6 Keunggulan Motor Matic Honda PCX 150 Dibandingkan dengan Yamaha Nmax

 

Untuk memeriksa putusnya kabel aki, Anda dapat memeriksa kondisi kabel aki sepeda motor matic secara visual. Jika kabel rusak atau terkelupas, maka harus diganti.

3. Rusaknya relay starter

Relay starter sepeda motor matic merupakan komponen yang menyalurkan daya dari aki ke motor starter.

Jika relay starter rusak maka starter pada sepeda motor matic tidak akan berfungsi dan anda tidak dapat menghidupkan mesin sepeda motor matic Vario 150 anda.

BACA JUGA:5 Kekurangan Motor Matic Honda Vario 125 yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli

BACA JUGA:Catat! Inilah Solusi Shockbreaker Motor Matic Tidak Empuk

 

Untuk mengetahui apakah relay starter rusak, gunakan multimeter untuk mengukur tegangan pada terminal relay starter. Jika tidak ada tegangan pada terminal relai starter, maka relai starter harus diganti.

Kategori :