Begini Cara Mengganti Bearing Roda Motor Matic Sendiri yang Sudah Rusak

Rabu 12-06-2024,10:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:Apakah Motor Matic Boleh Memakai Per CVT Racing? Ini Jawabannya!

Sebelum memasang bearing baru, pastikan untuk membersihkan dudukan bearing pada tromol terlebih dahulu. Gunakan kain bersih dan pelumas yang sesuai untuk membersihkan bagian tersebut dari debu dan kotoran yang dapat mengganggu kinerja bearing baru.

Setelah memastikan bahwa dudukan bearing sudah bersih, Anda dapat langsung memasang bearing baru. Pastikan untuk memasang bearing dengan urutan yang benar, sama seperti saat melepasnya. Gunakan alat yang tepat untuk memasang bearing dengan presisi dan keamanan yang optimal.

Mulailah dengan memasang bearing sebelah kanan terlebih dahulu. Pastikan untuk memasang collar penghantar kembali ke posisinya yang benar setelah memasang bearing. Perhatikan urutan dan posisi dengan teliti agar tidak ada kesalahan yang terjadi.

Setelah memasang bearing sebelah kanan, lanjutkan dengan memasang bearing bagian kiri menggunakan bearing driver atau alat yang sesuai. Pastikan untuk memasangnya dengan hati-hati dan teliti, serta memastikan bahwa bearing terpasang dengan kokoh dan tepat di dudukannya.

Setelah semua bearing terpasang, periksa kembali apakah pemasangannya sudah benar dan kokoh. Pastikan tidak ada kekurangan atau kesalahan dalam pemasangan yang dapat mengganggu kinerja motor. Jika diperlukan, lakukan penyesuaian hingga bearing terpasang dengan sempurna.

5. Memasang Seal Roda

Setelah selesai mengganti bearing roda motor matic, tahapan terakhir adalah memasang kembali seal roda. Seal ini memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan kinerja bearing baru.

BACA JUGA:Fungsi Bagian-bagian pada Body Motor Matic

BACA JUGA:5 Efek Negatif dari Penggunaan Per CVT Racing Pada Motor Matic

Setelah semua bearing terpasang dengan baik, pasanglah kembali seal roda pada bagian belakang roda motor. Pastikan seal terpasang dengan benar dan rapat untuk mencegah masuknya debu atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja bearing.

Setelah seal terpasang dengan baik, pasanglah kembali roda ke tempatnya semula dengan hati-hati. Gunakan kunci pas untuk memasang baut-baut pengikat roda dengan kencang namun tidak terlalu berlebihan.

Dengan memasang seal roda dan roda kembali ke tempatnya semula, proses penggantian bearing roda motor matic sudah selesai. Pastikan untuk melakukan pengecekan terakhir untuk memastikan semua komponen terpasang dengan benar dan aman untuk digunakan.

Setelah proses penggantian bearing selesai, Anda bisa mencoba menggunakan motor dengan hati-hati. Pastikan untuk melakukan pengecekan kinerja motor secara berkala dan perhatikan apakah ada gejala-gejala yang perlu diperhatikan, seperti bunyi atau getaran yang tidak biasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti dan hati-hati, Anda dapat melakukan penggantian bearing roda motor matic sendiri dengan hasil yang optimal dan kinerja motor yang terjaga dengan baik. (wan)

Kategori :