Dapur Warga Selanegara Ludes Terbakar karena Akses Jalan Sulit Dijangkau

Sabtu 08-06-2024,11:56 WIB
Reporter : Fijri Rahmawati
Editor : Laily Media Yuliana

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Desa Selanegara, Kecamatan Sumpiuh digegerkan oleh peristiwa kebakaran dapur milik Sapan, warga di RT 4 RW 1, Sabtu (8/6) pagi sekira pukul 04.00.

Kepala Desa Selanegara, Imam Susanto menceritakan, api dengan cepat melahap dapur milik korban hingga ludes tidak tersisa. Kondisi dapur terbuat dari material yang mudah terbakar.

Dapur korban cukup sederhana. Atapnya terbuat dari welit atau daun dari pohon nipah. Rangka dari bambu dan dinding berupa anyaman daun kelapa.

"Diduga penyebab kebakaran dari pawon, di dapur juga banyak klari dan bambu," kata Imam di lokasi kejadian.

BACA JUGA:Rumah Milik Warga Cinangsi Cilacap Terbakar Habis, Kerugian Capai Ratusan Juta

BACA JUGA:Korsleting Listrik, Rumah di Kedungwringin Jatilawang Terbakar

Dapur biasanya digunakan oleh keluarga korban untuk memasak. Seperti menanak nasi dan merebus air. Sehingga, banyak perabotan yang terbakar.

Imam menambahkan, korban pada tahun anggaran 2023 memperoleh bantuan pembangunan rumah tidak layak huni. Bekas rumah yang ditinggali sebelumnya itu difungsikan untuk dapur dan hari ini terbakar.

"Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materi alat-alat rumah tangga diperkirakan sepuluh juta rupiah kurang lebihnya," sambung Imam.

Peralatan rumah tangga belum semua diboyong ke rumah baru. Ketika musibah terjadi, korban sedang di rumah baru yang lokasinya di sebelah dapur terbakar.

Pemadaman api dilakukan seadanya. Sebab, lokasi tidak memungkinkan dijangkau oleh armada pemadam kebakaran. Akses ke rumah korban hanya jalan setapak. (fij)

Kategori :