55 Ribu Permasalahan SertifiKat Bidang Tanah di Cilacap Ditarget Selesai Tahun Ini

Rabu 29-05-2024,17:59 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kantor ATR /BPN Kabupaten Cilacap menargetkan penyelesaian penertiban sertifikat sebanyak 55 ribu bidang tanah di wilayah Kabupaten Cilacap pada tahun 2024 ini.

Untuk mencapai itu, sebanyak 53 Desa sebagai Lokasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2024, yang tersebar di sejumlah Kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Secara nasional kita ditargetkan untuk dapat menyelesaikan penerbitan sertifikat sebanyak 70 ribu bidang tanah dan tahun ini kita harus menertibkan 55 ribu bidang tanah," Kata Kepala ATR/ BPN Cilacap Karsono melalui Koordinator Urusan Umum, Eko Hardi, Rabu (29/5/2024).

Pihaknya terus berupaya melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang telah disosialisasikan di masing-masing desa yang menjadi target sasaran.

BACA JUGA:Polisi Buru Pelaku Pembuangan Bayi di Kroya, Cari Ibu Hamil di Tiap Desa

BACA JUGA:9 Orang Meninggal karena DBD, Ini langkah Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap

"Jadi kita sistemnya jempul bola, kita lakukan pendataan di desa-desa yang sudah kita tetapkan," lanjut Eko.

PTSL tersebut merupakan program serentak yang digalakan oleh pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat.

"Masyarakat banyak yang berminat dengan program ini, banyak yang sudah mendaftar juga," tandasnya.

Harapanya program PTSL dapat berjalan dengan baik dan selesai sesuai target pihaknya pun meminta dukungan dari masyarakat Kabupaten Cilacap.

"Saat ini kami juga sedang menggalakan program sertifikat elektronik selain itu kita meminta dukungan dari masyarakat untuk mengsukseskan program ini," pungkasnya. (jul)

Kategori :