Hati-hati! Penyebab Stang Motor Matic Goyang Saat di Jalan

Kamis 30-05-2024,09:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

Ketika bearing roda mulai longgar, roda tidak lagi berputar dengan stabil. Ketidakstabilan ini menyebabkan getaran yang dapat dirasakan hingga ke stang motor. Bearing roda yang longgar dapat diakibatkan oleh penggunaan yang sudah lama.

Kerusakan yang sering terjadi pada bearing roda adalah pecahnya bantalan peluru yang ada di dalamnya. Bantalan peluru yang pecah menyebabkan roda tidak berputar dengan lancar dan menimbulkan getaran yang signifikan. 

5. Masalah pada segitiga dudukan motor

Stang motor matic yang goyang saat digunakan di jalan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah masalah pada segitiga dudukan motor. Segitiga dudukan motor adalah komponen penting yang menghubungkan stang dengan shockbreaker. 

BACA JUGA:Kegunaan Ban Tubeless pada Motor Matic

BACA JUGA:Sistem Pengereman Motor Matic Agar Motor Berhenti dengan Aman dan Efektif

Kondisi segitiga dudukan motor yang tidak sejajar dapat menyebabkan stang motor menjadi goyang dan sulit dikendalikan. Masalah pada segitiga dudukan motor dapat mempengaruhi stabilitas dan kenyamanan berkendara. 

Apabila garpu kiri dan kanan pada segitiga dudukan motor tidak sejajar, ini akan menciptakan ketidakseimbangan pada stang motor. Ketidaksejajaran ini bisa terjadi karena benturan keras, kecelakaan, atau pemasangan yang tidak tepat. (wan)

Kategori :