Hati-hati! Penyebab Stang Motor Matic Goyang Saat di Jalan

Kamis 30-05-2024,09:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:Bukan Hanya Aki! Inilah 5 Penyebab Utama Motor Matic Tidak Bisa Distarter

BACA JUGA:5 Faktor yang Membuat Motor Matic Honda Beat Sering Digunakan Untuk Balapan

Pelek yang bengkok sering kali terjadi karena motor pernah terjatuh atau digunakan dalam kondisi ban kempes. Pelek yang tidak rata atau bengkok menyebabkan roda tidak berputar secara sempurna, sehingga menimbulkan getaran yang merambat hingga ke stang. 

Pelek yang retak juga bisa menyebabkan stang motor goyang. Retakan pada pelek membuat strukturnya tidak stabil, sehingga ketika motor berjalan, pelek tidak mampu menahan beban dan tekanan secara merata. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan yang dirasakan pengendara melalui stang motor.

3. Komstir Mulai Longgar

Salah satu penyebab utama stang motor matic goyang saat di jalan adalah kondisi komstir yang mulai longgar. Komstir, atau biasa dikenal dengan nama steering bearing, adalah bagian vital dari kendaraan yang berfungsi mengendalikan laju motor. 

BACA JUGA:Jangan Asal! Inilah Langkah-langkah Penyetelan CVT Motor Matic yang Tepat

BACA JUGA:6 Tips Melakukan Pemeriksaan Sistem Bahan Bakar Motor Matic

Letaknya berada pada rangka motor bagian depan, tepatnya di antara segitiga garpu. Kerusakan pada komstir bisa terjadi seiring waktu pemakaian kendaraan yang semakin lama.

Seiring dengan pemakaian, komstir bisa mengalami keausan yang menyebabkan longgar. Ketika komstir longgar, stang motor menjadi sulit untuk digerakkan dan cenderung goyang. Hal ini sangat terasa saat motor digunakan untuk berbelok, di mana stang terasa seperti ingin tetap berjalan lurus.

Komstir berbentuk bulat seperti donat dan di dalamnya terdapat bola-bola kecil yang berfungsi untuk memudahkan gerakan stang. Ketika bola-bola ini mulai aus atau mengalami kerusakan, gerakan stang menjadi tidak mulus dan sulit dikendalikan. 

4. Bearing roda yang longgar

Stang motor matic yang goyang saat digunakan di jalan sering kali disebabkan oleh bearing roda yang longgar. Bearing roda, atau yang sering disebut bantalan roda, merupakan komponen penting yang terletak pada bagian tengah roda. 

BACA JUGA:6 Bahaya Membiarkan Kontak Motor Matic Tetap Menyala

BACA JUGA:Pesona Motor Matic yang Menjadi Saingan Motor Manual

Fungsi utama dari bearing roda adalah untuk memastikan bahwa as roda tidak bergesekan langsung dengan rumah roda, serta membuat putaran roda menjadi lebih stabil dan halus.

Kategori :