Bus Umum dan Pariwisata di Cilacap Diperiksa Petugas, Pastikan Kelaikan Jalan

Minggu 19-05-2024,18:20 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Antisipasi serta meminimalisir potensi kecelakaan bus pariwisata serta umum, sejumlah bus yang terdapat di beberapa agen pemberangkatan di Cilacap dilakukan pengecekan kelaikan jalan.

Pemeriksaan tersebut meliputi fungsi sejumlah kelengkapan kendaraan. Mulai lampu utama, spion, alur ban, emisi gas buang, wiper, hingga alat pemecah kaca.

"Pemeriksaan bus kita lakukan di lokasi agen atau pool pemberangkatan yaitu pool efisiensi dan Riyan, kita libatkan petugas Dishub," kata Kasatlantas Polresta Cilacap Kompol Nunung Farmadi, Minggu (19/5/2024).

Selain itu, petugas juga melaksanakan pemeriksaan kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK, KIR, dan lembar trayek. Kemudian pengecekan terkait kelengkapan perizinan operasional kendaraan angkutan pariwisata dan umum.

"Kelengkapan surat-surat para kru pun kita periksa termasuk perizinan operasional kendaraan tersebut," lanjut Kasatlantas.

Kasatlantas mengimbau, para pengemudi kendaraan umum untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Utamakan keselamatan dalam berlalu lintas sehingga terciptanya kamseltibcarlantas.

"Apabila ada kendala silahkan berkordinasi dengan petugas terkait apabila ditemui kendala saat sedang beroperasi di jalan raya," pungkasnya.

Sedangkan untuk hasil pemeriksaannya, dari 25 bus secara keseluruhan dinyatakan laik jalan serta mamiliki dokumen yang lengkap. (jul)

 

Kategori :