BPD Kabupaten Cilacap Minta Kenaikan Kesejahteraan Anggota

Selasa 14-05-2024,16:23 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Cilacap meminta Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. 

Hal ini dikarenakan, penghasilan lembaga yang berperan mengawasi kinerja pemerintahan desa (pemdes) ini, disebut kecil dan belum dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Ketua BPD Kabupaten Cilacap, Parwoto menyampaikan, meskipun BPD memiliki Surat Keputusan (SK) dari Bupati Cilacap namun kondisi mereka jauh dari kata sejahtera dan belum setara dengan perangkat desa lainnya.

"Jumlah anggota yang terdaftar selain dari wilayah kecamatan di kota ada 1.715 anggota. Kami ingin meminta ada tambahan terkait dengan kesejahteraan," kata dia.

BACA JUGA:Jalan Rusak di Kecamatan Binangun Segera Diperbaiki

BACA JUGA:Pilkada Serentak di Cilacap Dipastikan Tidak Ada Calon dari Jalur Perseorangan

Purwoto mengatakan, pihaknya menginginkan adanya peningkatan kesejahteraan atau pembahasan lebih lanjut dengan pemerintah desa mengenai kontribusi mereka dalam menjalankan kegiatan pemerintahan desa.

"Karena kita punya hak, SK Bupati dan sama-sama menjalankan tugas di pemerintahan desa. Misal yang desa dikasih motor ya kita motor, kesejahteraan minimal  UMR, karena selama ini belum layak," ujar Purwoto.

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengucapkan terimakasih atas kinerja mereka dalam melaksanakan program kerja pemerintah desa.

Pihaknya akan menindaklanjuti terkait usulan dan saran dari BPD Kabupaten Cilacap untuk mendukung kesejahteraan yang lebih baik. 

"Banyak usulan-usulan dan saran dari BPD. Pemkab Cilacap akan berusaha menindaklanjuti serta meningkatkan Sitlap dan hibah. Harapan ya nanti agar tupoksi berjalan baik kemudian untuk mendukung kesejahteraan desa yang lebih baik juga," ungkap Pj Bupati. (ray)

Kategori :