Mengenali 5 Gejala Cacingan pada Anak dan Langkah Mengatasinya!

Mengenali 5 Gejala Cacingan pada Anak dan Langkah Mengatasinya!

Gejala cacingan pada anak-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gejala cacing pada anak dapat mencakup masalah pencernaan dan gangguan pertumbuhan yang terkadang menyerupai tanda penyakit lain. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk dapat mengidentifikasi gejala cacing pada anak guna memastikan pemberian penanganan yang sesuai.

Anak-anak sering kali rentan terkena cacingan, terutama jika mereka tidak menjaga kebersihan, seperti kebiasaan jarang mencuci tangan. Beberapa jenis cacing yang mudah menginfeksi anak termasuk cacing tambang, cacing kremi, cacing gelang, dan cacing pita.

Jika tidak diatasi dengan cepat, cacingan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang cukup oleh anak karena infeksi cacing mengganggu fungsi saluran pencernaan. Oleh karena itu, mengenali gejala cacing pada anak menjadi penting agar penanganan dapat diberikan dengan segera, mencegah dampak buruk, dan menghindari penularan infeksi.

Berikut adalah beberapa gejala cacingan pada anak yang perlu dikenali, serta penjelasan mengenai masing-masing gejala tersebut.

BACA JUGA:Rasio Kecacingan Masih Tinggi

BACA JUGA:Gejala Penyakit Pneumonia, Harus Waspada!

1. Adanya cacing dalam tinja

Ciri khas gejala cacingan pada anak dapat dikenali dengan mudah melalui keberadaan cacing dalam tinja anak. Jenis-jenis cacing seperti cacing kremi, cacing gelang, dan cacing pita sering terlihat dalam tinja.

2. Gangguan pada sistem pencernaan

Anak-anak yang terinfeksi cacing umumnya mengalami gangguan pada sistem pencernaan, seperti penurunan nafsu makan, nyeri perut, muntah, diare, atau bahkan sembelit.

Tanpa penanganan yang cepat, cacing dapat menempel pada dinding usus dan menyebabkan luka. Selain itu, perkembangan cacing dalam usus dapat mengakibatkan penumpukan dan penyumbatan saluran pencernaan.

3. Rasa gatal pada anus

Gatal pada anus merupakan tanda khas dan sering muncul sebagai gejala cacingan pada anak. Biasanya disebabkan oleh infeksi cacing kremi, di mana telur cacing kremi dapat menempel pada anus, menyebabkan iritasi, gatal, dan kemerahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: