Unggahan Adat Bonokeling, Masyarakat Potong 31 Ekor Kambing dan 1 Ekor Sapi

Unggahan Adat Bonokeling, Masyarakat Potong 31 Ekor Kambing dan 1 Ekor Sapi

Masyarakat Adat Bonekeling saat proses perlon unggahan, Jumat (17/3).--

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID- Ribuan anak putu Banakeling mengikuti kegiatan adat Perlon unggahan  di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas, Jumat (17/3). Dalam unggahan Adat Bonokeling, Masyarakat sendiri sampai memotong 31 ekor kambing dan 1 ekor sapi. 

Perlon unggahan sendiri ialah acara adat yang rutin diadakan tiap tahun oleh pengikut Banakeling untuk menyambut datangnya bulan puasa. 

Dan pada kegiatan perlon unggahan tahun ini, masyarakat adat Banokeling menyembelih 31 ekor kambing dan 1 sapi yang dikumpulkan dari sumbangan akan putu, dan akan dinikmati bersama setelah prosesi ziarah makam. 

BACA JUGA:Unggahan Adat Bonokeling Pekuncen Banyumas Digelar, Ribuan Warganya Merapat

Sumitro (68), Juru Bicara Anak Putu Banokeling menerangkan, Perlon Unggahan merupakan prosesi adat menjelang bulan puasa yang sudah dilaksanakan secara turun temurun. 

"Sampai sekarang masih tetap eksis dilaksanakan setiap satu tahun sekali," katanya. 

Ia juga menjelaskan, jika acara adat itu dilakukan untuk untuk menjalin silaturahmi antara anak putu. 

BACA JUGA:Awas, Kasus Angka Kematian Ibu Bersalin di Purbalingga Butuh Penanganan Serius, Ini Faktanya

"Makna Perlon Unggahan yaitu kita sebagai umat manusia harus selalu ingat kepada Tuhan dengan perantara kita ziarah makam. Untuk tahun ini tamu dari Cilacap berkurang hanya sekita 500 orang. Kalau dahulu kan sampai seribu lebih. Tapi nanti kalau ditambah dengan masyarakat sini ya sekitar dua ribuan," paparnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: