Mengenal Body Shaming dan Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

Mengenal Body Shaming dan Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

Mengenal tentang body shaming serta dampaknya bagi kesehatan mental -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Body shaming, atau penilaian negatif terhadap penampilan fisik seseorang, telah menjadi masalah yang semakin meresahkan dalam masyarakat modern. Kita perlu mengetahui ataupun mengenal Body shaming dan dampaknya bagi kesehatan mental

Sebab, fenomena ini tidak hanya memengaruhi individu secara langsung, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental mereka.

Apa Itu Body Shaming?

Body shaming mencakup berbagai perilaku yang menyalahkan, mengejek, atau merendahkan seseorang berdasarkan penampilan fisik mereka.

Ini bisa berupa komentar negatif tentang berat badan, bentuk tubuh, ukuran, atau fitur fisik lainnya. 

Body shaming dapat terjadi secara langsung, seperti komentar langsung dari orang lain, atau secara tidak langsung melalui media sosial, budaya populer, atau standar kecantikan yang tidak realistis.

BACA JUGA:8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak dalam Keluarga Broken Home, Tips dan Strategi Penting

BACA JUGA:Mengapa Pisang Dapat Membantu Penderita Gangguan Kesehatan Mental Anxiety, Begini Penjelasannya!

Dampak Negatif Body Shaming Bagi Kesehatan Mental

1. Insecure

Kecenderungan untuk merasa insecure atau tidak nyaman tentang diri sendiri adalah salah satu dampak yang seringkali muncul akibat dari body shaming.

Seseorang yang menjadi korban penilaian negatif terhadap penampilan fisik mereka seringkali mulai meragukan nilai dan kebernilaiannya diri mereka.

Mereka mungkin mulai membandingkan diri mereka dengan standar kecantikan yang tidak realistis atau dengan orang lain, yang dapat menghasilkan perasaan bahwa mereka tidak berharga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: