Pertengahan Maret 2024, Laju Inflasi di Cilacap Stabil

Pertengahan Maret 2024, Laju Inflasi di Cilacap Stabil

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri saat memantau penjualan beras dan sembako murah di Kecamatan Kesugihan.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Laju inflasi di Kabupaten CILACAP pada Maret 2024 mencapai 2,64 persen. Jumlah tersebut diketahui lebih rendah dibandingkan kabupaten lain yang mencapai 5,4 persen.

"Inflasi di Cilacap masih bisa kita kendalikan, hal itu tidak terlepas dari beberapa program hingga laju inflasi dapat ditekan dan stabil," kata Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri ketika dikonfirmasi, Senin (18/3/2024).

Untuk program-program tersebut yaitu Gerakan Pangan Murah (GPM) saja, namun juga melalui kegiatan lainnya, khususnya memasuki Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Puasa Ramadan dan menjelang Idul Fitri Tahun 2024.

"Ada program lapak petani yang kita jual di Car Free Day, kemudian operasi-operasi pasar kita gencarkan serta kita pantau harga-harga di pasar-pasar tradisional," lanjut Pj Bupati.

BACA JUGA:Basarnas Perluas Pencarian Kapal Kilat Maju Jaya-7 yang Hilang Kontak di Samudra Hindia

BACA JUGA:Jalan Ahmad Yani Kroya Jadi Jalur Rawan Macet saat Lebaran

Selain itu pihaknya selalu berkordinasi dengan Bank Indonesia dengan menggelar Hight Level Meeting (HLM) untuk memantau harga bahan kebutuhan pokok.

"Kalau ada yang harganya naik, upaya-upaya yang dilakukan apa. Misalnya kemarin cabai, naiknya kenapa. Misalnya harga pendistribusian, kita subsidi disitu," jelas Pj Bupati.

Bahkan, pemerintah pusat setiap minggunya terus memantau inflasi. Kalau inflasinya tinggi bagaimana supaya bisa ditekan.

"Oleh karena itu kita maksimalkan agar inflasi di Kabupaten Cilacap tetap terjaga," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: