Ragam Aktivitas Fisik untuk Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental

Ragam Aktivitas Fisik untuk Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental

Ragam Aktivitas Fisik untuk Pencegahan Gangguan Mental-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan mental dapat berupa gangguan emosi, masalah perilaku, gangguan makan, stres, depresi, dan gangguan cemas. Sehingga perlu adanya upaya pecegahan Gangguan mental.

Gangguan kesehatan mental memiliki gejala seperti perubahan perilaku, penurunan nafsu makan, perasaan sedih yang berlangsung berminggu-minggu, gangguan tidur, peningkatan frekuensi kemarahan, dan perilaku tidak wajar.

Jika mendapati adanya tanda-tanda gangguan kesehatan mental, terdapat beberapa cara yang dapat membantu merawat kondisi kesehatan mental melalui berbagai aktivitas fisik di luar rumah. Seperti berikut ini:

1. Melakukan Olahraga di Rumah

Olahraga di rumah merupakan pilihan yang praktis dan mudah dilakukan tanpa perlu ke fasilitas olahraga khusus. Berikut adalah beberapa jenis olahraga di rumah yang dapat membantu dalam pencegahan gangguan kesehatan mental:

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

1. Senam Aerobik

Melakukan senam aerobik di rumah dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan merangsang pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati.

2. Latihan Kekuatan (Strength Training)

Latihan kekuatan dengan menggunakan berat tubuh atau peralatan sederhana seperti dumbbell atau resistance band dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan kepercayaan diri.

3. Yoga atau Pilates

Yoga dan pilates adalah latihan yang menggabungkan gerakan tubuh dengan pernapasan yang dalam dan teratur. Ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan keseimbangan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: