Penyebab Kepribadian Ganda dan Cara Mengidentifikasi Gejalanya secara Dini

Penyebab Kepribadian Ganda dan Cara Mengidentifikasi Gejalanya secara Dini

Mengenal Penyebab Kepribadian Ganda-Freepik-

Penting untuk dicatat bahwa tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan DID secara keseluruhan. Terapi untuk gangguan kepribadian ganda umumnya ditujukan untuk mengurangi gejala yang dialami oleh penderita, seperti depresi dan kecemasan yang berlebihan.

Beberapa jenis terapi yang mungkin direkomendasikan oleh dokter untuk penderita DID meliputi psikoterapi, konseling individual, terapi keluarga, dan terapi kelompok. Terapi-terapi ini bertujuan untuk membantu penderita dalam:

  1. Mengidentifikasi dan mengatasi trauma masa lalu, terutama kekerasan.
  2. Mengantisipasi perubahan perilaku yang mungkin terjadi secara tiba-tiba.
  3. Mengintegrasikan identitas-identitas yang terpisah menjadi satu.
  4. Selain terapi, dokter juga dapat meresepkan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, atau obat penenang untuk mengurangi gejala DID
  5. Penderita juga disarankan untuk mengurangi stres agar identitas alter tidak muncul terlalu sering dan mengendalikan perilaku. Dukungan yang kuat dari keluarga dan teman dekat juga dapat memberikan dampak positif terhadap kondisi penderita DID.

Sebagai tindakan pencegahan, penting bagi setiap orang tua untuk tidak melakukan kekerasan baik secara fisik maupun mental terhadap anak-anak. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pengalaman traumatis yang dapat menjadi penyebab kepribadian ganda.(amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: