Mengenal Lebih Dalam Ragam Obat Penenang Depresi yang Biasa Dipilih Dokter

Mengenal Lebih Dalam Ragam Obat Penenang Depresi yang Biasa Dipilih Dokter

Mengenal Lebih Dalam Ragam Obat Penenang Depresi yang Biasa Dipilih Dokter-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengenal lebih dalam ragam obat penenang depresi yang biasa dipilih dokter bakal di ulas dalam artikel ini.

Dokter dapat memberikan obat penenang depresi kepada pasien untuk mengurangi dampak negatifnya. Depresi merupakan gangguan mental serius yang dapat mempengaruhi aspek fisik, emosional, dan psikologis seseorang. 

Mereka yang mengalami depresi mungkin merasa sedih dan kehilangan minat pada kegiatan yang biasanya mereka nikmati. Selain itu, depresi juga dapat mengganggu pola tidur dan nafsu makan. 

Dokter biasanya akan mengombinasikan obat penenang depresi dengan terapi untuk membantu mengurangi gejalanya.

Mengenal Lebih Dalam Ragam Obat Penenang Depresi yang Biasa Dipilih Dokter

Obat penenang yang diresepkan oleh dokter merupakan pilihan yang umum untuk mengobati depresi. Namun, penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan tidak boleh sembarangan.

Di bawah ini adalah beberapa jenis obat penenang yang biasanya diresepkan dokter untuk mengatasi depresi:

BACA JUGA:Tidak Hanya Meredakan Stress, Inilah Manfaat Rutin Melakukan Yoga

BACA JUGA:Manfaat Buah Jeruk untuk Tubuh , Ampuh Redakan Stress

1. SSRI

Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI) adalah salah satu jenis obat penenang depresiyang sering diresepkan karena memiliki efek samping yang minimal. Obat ini bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak.

Serotonin adalah zat kimia yang berperan penting dalam mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan berbagai fungsi lainnya. Depresi sering kali terkait dengan ketidakseimbangan serotonin, dan SSRI berfungsi untuk mengatasi masalah ini.

Peningkatan kadar serotonin dapat membantu meredakan gejala depresi seperti perasaan sedih, kehilangan minat, serta gangguan tidur dan nafsu makan. Gejala positif ini biasanya membutuhkan beberapa minggu untuk mulai terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: