Ingin Tahu Seberapa Dewasa Kamu? Cobalah Tes Usia Mental di 3 Website Ini!

Ingin Tahu Seberapa Dewasa Kamu? Cobalah Tes Usia Mental di 3 Website Ini!

Website Tes Usia Mental-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tes usia mental atau mental age test sedang ramai di beberapa media sosial. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna yang membagikan hasil tes kesehatan mereka di Instagram, Twitter, dan TikTok.

Melalui tes usia mental, Anda dapat mengetahui seberapa matang mental Anda dalam menghadapi kehidupan. Selain itu, tes ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kesehatan psikologis Anda. 

Meskipun tidak dapat digunakan sebagai diagnosis resmi untuk kesehatan mental Anda, namun situs tes usia mental berikut dapat menjadi pertimbangan apakah Anda perlu mencari bantuan dari seorang psikolog atau tidak.

Mengenal Apa Itu Usia Mental?

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan tes usia mental, penting untuk memahami konsep usia mental terlebih dahulu. Menurut definisi dari The Free Dictionary, usia mental atau mental age adalah suatu indikator yang digunakan untuk menilai tingkat perkembangan intelektual seseorang, yang diukur melalui tes kecerdasan.

BACA JUGA:Sederhana Banget! Inilah Tips Menjaga Kesehatan Mental

BACA JUGA:8 Tips Efektif Meningkatkan Kesehatan Mental

Konsep usia mental pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli psikologi bernama Alfred Binet. Binet menjelaskan bahwa usia mental adalah tingkat perkembangan mental seseorang jika dibandingkan dengan orang seumurannya.

Oleh karena itu, hasil tes usia mental Anda dapat sangat berbeda meskipun Anda memiliki usia yang sama dengan orang lain.

3 Rekomendasi Website Tes Usia Mental Gratis

Saat ini terdapat banyak situs yang menyediakan tes usia mental secara gratis. Anda hanya perlu memilih salah satunya untuk mengevaluasi usia mental Anda. 

Berikut adalah tiga situs web yang menawarkan tes usia mental yang dapat Anda coba:

BACA JUGA:6 Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: