Program Proyek IFish Terus Digaungkan di Cilacap

Program Proyek IFish Terus Digaungkan di Cilacap

Kegiatan rapat koordinasi proyek IFish.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pengembangan Proyek IFish di Kabupaten Cilacap terus digaungkan. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Proyek IFish berkolaborasi dalam pengelolaan sumber daya perairan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu. 

Proyek IFish didanai GEF dan merupakan kerjasama antara KKP dan FAO, mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari pengarusutamaan konservasi biodiversitas dan pemanfaatan perikanan perairan darat secara berkelanjutan. 

Perwakilan Proyek IFish untuk Wilayah Kabupaten Cilacap, Enggar Yulia Wardani mengatakan, DAS Serayu yang melintasi lima kabupaten dan bermuara di Samudra Hindia, merupakan ekosistem penting bagi ikan lokal dan spesies bernilai ekonomi tinggi.

"Potensi sumber daya perairan di DAS Serayu perlu mendapat perhatian serta kolaborasi pengelolaan dari stakeholder multipihak dan multisektor, terutama untuk menggali potensi ekosistem, mitigasi ancaman, dan menyusun rekomendasi pengelolaan perairan darat di DAS Serayu," katanya.

BACA JUGA:Usai Lebaran, Pasar Kroya Akan Dibangun

BACA JUGA:Bawa Senjata Tajam, 20 Anak di Bawah Umur Diamankan Polresta Cilacap, Diduga Hendak Tawuran

Sementara itu Kepala Dinas perikanan Kabupaten Cilacap, Indarto mengatakan, persoalan pemanfaatan di DAS Serayu cukup banyak. Terlebih di Kabupaten Cilacap merupakan bagian hilir sehingga banyak memiliki dampak negatifnya. 

"Melalui kerjasama tersebut diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan dan upaya penanganan persoalan di DAS Serayu. Apalagi di Cilacap yang merupakan bagian hilir dampak negatifnya cukup besar, selain itu apabila pemanfaatan di wilayah hulu tidak ramah lingkungan," katanya.

Indarto menambahkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga keberlanjutan sumber daya alam di Kabupaten Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: