Mengenal Tanaman Gamal dan Kaliandra, Tanaman yang Bisa Jadi Pengganti Batu Bara

Mengenal Tanaman Gamal dan Kaliandra, Tanaman yang Bisa Jadi Pengganti Batu Bara

Mengenal tentang tanaman Gamal dan Kaliandra serta manfaatnya -Dhani Dwi Anggoro -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam era sekarang ini, kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan hidup menjadi sangat penting, pencarian solusi untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil seperti batu bara menjadi semakin penting.

Salah satu alternatif yang menarik perhatian adalah penggunaan tanaman Gamal (Gliricidia sepium) dan Kaliandra (Calliandra calothyrsus) sebagai pengganti batu bara. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tanaman Gamal dan Kaliandra yang bisa menjadi pengganti Batu Bara.

Tentang Tanaman Gamal

Tanaman Gamal (Gliricidia sepium) adalah sejenis tanaman legum yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini telah menyebar luas di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia karena kemampuannya yang cepat tumbuh, serta beragam manfaatnya.

Gamal memiliki daun yang lebat dan biji-bijian yang berguna dalam berbagai aplikasi, seperti pakan ternak, pupuk hijau, dan bahan bakar biomassa. Selain itu, Gamal juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas lahan. Tanaman ini sering digunakan dalam agroforestri dan rehabilitasi lahan terdegradasi.

Tentang Tanaman Kaliandra

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Cantik yang Bisa Digunakan untuk Menghiasi Taman Kecil Rumah

BACA JUGA:Modal Sebutir Telur Bikin Tanaman Subur, Begini Trik Kelompok Wanita Tani di Karangrau

Tanaman Kaliandra (Calliandra calothyrsus) adalah sejenis tanaman legum yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun telah menyebar luas di berbagai wilayah tropis di dunia. Kaliandra dikenal dengan ciri khas daunnya yang kecil dan bunganya yang berwarna merah atau merah muda.

Tanaman ini memiliki beragam manfaat, seperti sebagai pakan ternak, pupuk hijau, penutup tanah, dan bahan bakar biomassa. Kaliandra juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas lahan. Tanaman ini sering ditanam dalam agroforestri, rehabilitasi lahan terdegradasi, dan pemulihan ekosistem yang terganggu.

Manfaat Tanaman Gamal dan Kaliandra

- Biomassa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: