PPK Pemilu Berpotensi Dilanjut di Pilkada

PPK Pemilu Berpotensi Dilanjut di Pilkada

Dilantik : Para anggota PPK saat mendapat selamat dari pemkab dan Forkopimda Kabupaten Purbalingga, tahun 2023 lalu.-Amarullah Nurcahyo dok -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 90 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di Kabupaten Purbalingga, berpotensi dilanjutkan di Pilkada November mendatang. Namun dengan beberapa evaluasi, tidak langsung lanjut.

Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Widyo Wibowo, Rabu 6 Maret 2024 menjelaskan, evaluasi itu diantaranya kinerja PPK saat Pemilu 2024 kemarin. Pihaknya masih menunggu kabar dari KPU Provinsi dan KPU RI terkait tahapan Pilkada dan kelanjutan PPK.

"Kemungkinan besar lanjut dengan evaluasi. Kami masih menyelesaikan tahapan rekapitulasi suara Pemilu.di KPU Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Widyo menambahkan, saat itu PPK dilantik, Rabu 4 Januari 2023 lalu. Lembaga ad hoc ini bertugas melaksanakan tahapan Pemilu 2024 hingga satu tahun ke depan.

BACA JUGA:90 Orang PPK Dilantik, 78 Persen Wajah Baru, Ini Pesan KPU

Saat rekrutmen dan lolos, dari 90 orang itu, 78 persen wajah baru. Mereka lalu menerima bimbingan teknis sehari usai dilantik. 

Ia mengingatkan jika seluruh jajaran PPK wajib netral, mampu menangkal politik uang dan tetap bekerja sesuai regulasi dari KPU RI dan jajarannya.

"Kalau terbukti melanggar aturan dan kode etik, maka bisa mendapat sanksi tegas. Bahkan kalau pelanggaran berat, bisa diberhentikan,"  tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: