Mengapa Doomscrolling Berbahaya? Pelajari Risiko dan Dampaknya Sekarang!

Mengapa Doomscrolling Berbahaya? Pelajari Risiko dan Dampaknya Sekarang!

5 Cara Mengatasi Doomscrolling-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Doomscrolling atau doomsurfing adalah istilah yang menggambarkan aktivitas seseorang yang terus-menerus membaca berita negatif di media sosial. Fenomena ini sering terjadi terutama di masa pandemi seperti COVID-19.

Membaca berita buruk seringkali memicu perasaan cemas dan ketakutan. Meskipun menimbulkan kecemasan, orang yang melakukan doomscrolling cenderung tidak bisa berhenti dan malah semakin penasaran untuk mencari informasi lebih lanjut.

Namun, kebiasaan ini dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan, baik secara mental maupun fisik. Doomscrolling sering kali dilakukan karena keinginan untuk mengetahui lebih banyak tentang isu-isu yang sedang terjadi, seperti pandemi COVID-19. 

Meskipun hal ini wajar dilakukan, tetapi bisa berbahaya jika dilakukan secara berlebihan.

BACA JUGA:Bahaya Screen Time, Ini Dampaknya pada Kesehatan dan Tips Membatasinya!

BACA JUGA:Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

Doomscrolling juga lebih berisiko dialami oleh mereka yang memiliki gangguan mental tertentu, seperti kecemasan, gangguan panik, PTSD, OCD, dan fobia sosial.

Membaca berita negatif sering kali membuat seseorang merasa lebih waspada dan merasa dapat mengontrol kecemasan mereka. Namun, terus-menerus membaca berita negatif justru dapat menyebabkan kecemasan yang berlebihan dan ketakutan.

Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan pikiran negatif dan dapat membuat seseorang menjadi stres, tertekan, terisolasi, dan kesepian, yang pada akhirnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan membaca berita buruk secara berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan mental seperti kecemasan dan depresi, serta penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi, insomnia, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:8 Cara Agar Anak Mau Bermain di Alam, Jadi Tak Kecanduan Gadget!

BACA JUGA:7 Cara Mendidik Anak di Era Digital, Jadi Tak Kecanduan Gadget!

5 Cara Mengatasi Doomscrolling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: