Melasti, Upacara Serangkaian Nyepi Umat Hindu

Melasti, Upacara Serangkaian Nyepi Umat Hindu

Melasti, Upacara Serangkaian Nyepi Umat Hindu-Antara News-

BACA JUGA:Mengenal Segehan Mancawarna dalam Hindu

2. Anganyutaken Laraning Jagat

pacara Melasti bertujuan untuk menghanyutkan penderitaan masyarakat. Dengan demikian, upacara Melasti memotivasi umat secara ritual dan spiritual untuk melenyapkan penyakit-penyakit sosial yang menghinggapi masyarakat. 

3. Papa Kelesa

Tujuan Melasti adalah untuk membimbing umat agar menghilangkan kepapanan secara individual. Ada lima lesa yang harus dihilangkan agar seseorang tidak menderita, yaitu awidya (kegelapan atau kebodohan), asmita (egois), raga (pengumbaran hawa nafsu), dwesa (sifat pemarah dan pendendam), dan adhiniwesa (rasa takut tanpa sebab).

4. Letuhing Bhuwana

Melasti bertujuan untuk meningkatkan kesadaran umat Hindu dalam menjaga kelestarian alam lingkungan. Upacara ini mengajak umat Hindu untuk mengembalikan keasrian alam dan menghilangkan perilaku manusia yang merusak lingkungan. Hal ini menegaskan tanggung jawab umat Hindu sebagai pelindung alam.

5. Ngamet Sarining Amerta Ring Telenging Segara

Mengambil sari-sari kehidupan dari tengah lautan. Ini mencerminkan bahwa upacara Melasti tidak hanya mengandung nilai-nilai kehidupan yang universal, tetapi juga mengajarkan umat Hindu untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari segala aspek kehidupan. (WAN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: