Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara Dipertanyakan, Ini Kata KPU Cilacap

Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara Dipertanyakan, Ini Kata KPU Cilacap

Suasana rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten oleh KPU Cilacap di Hotel Daffam, Selasa (27/2/2024).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Proses Rekapitulasi Penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten CILACAP, memasuki hari kedua. KPU Kabupaten CILACAP melakukan rekapitulsi sesuai kesiapan per kecamatan (secara acak) bukan per daerah pemilihan (Dapil).

Kondisi tersebut menjadi sorotan dari sejumlah pihak, lantaran para peserta pemilu khususnya Caleg DPRD Cilacap harus lebih banyak bersabar untuk mengetahui hasil di masing-masing Dapil.

"Kenapa tidak dibuat 6 hari sesuai masing-masing Dapil, sehingga akan mempermudah Parpol untuk melakukan pengawasan," kata Ekanto Wahyuning Santoso, Caleg dari Partai Golkar, Rabu (28/2/2024).

Atas kondisi itu, Ketua KPU Cilacap Weweng Maretno menjelaskan, rekapitulasi penghitungan suara berdasarkan kesiapan kecamatan dalam menyampaikan hasil.

BACA JUGA:KPU Cilacap Mulai Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, BPBD Cilacap Siaga 24 Jam

"Kita berdasarkan kecamatan mana yang menyampaikan hasil rekapitulasi, mereka yang kita dahulukan dalam penghitungan," katanya.

Sehingga pihak KPU telah membagi masing-masing kecamatan sesuai jadwal rapat pleno rekapitulasi dengan pertimbangan kecamatan mana yang menyerahkan hasil.

"Sesuai dengan jadwal KPU Cilacap, empat kecamatan telah menyampaikan hasil rekpitulasi di hari pertama kemarin. Kecamatan itu meliputi Dayeuhluhur, Kampung Laut, Maos dan Sampang," tandasnya.

Sedangkan untuk hari ini, Rabu (28/2/2024) ada lima kecamatan yang menyampaikan rekapitulasinya yakni Kecamatan Kedungreja, Karangpucung, Sidareja, Kroya dan Adipala.

"Besok Kamis (29/2/2024) rekapitulasi dijadwalkan untuk lima kecamatan meliputi Majenang, Binangun, Cimanggu, Cilacap Selatan dan Cilacap Utara," terangnya.

Selanjutnya, Jumat (1/3/2024) rekapitulasi untuk lima kecamatan Kesugihan, Bantarsari, Gandrungmangu, Cipari dan Cilacap Tengah. Sedangkan hari terakhir pada Sabtu (2/3/2024) rekapitulasi untuk Kecamatan Nusawungu, Patimuan, Wanareja, Kawunganten dan Jeruklegi.

"Semua sudah berjalan dan semuanya lancar tidak ada masalah," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: