KPU Cilacap Mulai Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten

KPU Cilacap Mulai Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten

Jajaran Komisioner KPU bersama Forkompimda sebelum rapat pleno Rekapitulasi hasil Pemilu dimulai di Hotel Dafam, Selasa (27/2/2024).-Weweng Maretno untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten CILACAP mulai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi pelaksanaan penghitungan suara di tingkat Kabupaten CILACAP.

Sedianya rapat pleno tersebut akan dilaksanakan selama 5 hari terhitung sejak hari ini Selasa (27/2/2024) hingga Sabtu (2/3/2024) mendatang di Hotel Daffam Cilacap.

"Kita akan rekap secara keseluruhan untuk jenis pemilihan Pasangan Capres dan Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, serta akan kami sampaikan ke KPU Provinsi pada tanggal 4 Maret 2024," kata Ketua KPU Cilacap Weweng Maretno, Selasa (27/2/2024).

Sedangkan untuk hasil rekap DPRD Kabupaten, tetap berada di KPU Kabupaten untuk selanjutnya menunggu penetapan perolehan alokasi kursi dan penetapan calon terpilih dari masing-masing partai politik.

BACA JUGA:Kasus TBC Di Cilacap Ditarget Selesai Pada Tahun 2028

BACA JUGA:Desa Wisata di Cilacap Butuh Investor

"Hasil rekap DPRD akan tetap kita simpan sembari menunggu penetapan alokasi kursi atau masing-masing calon terpilih dari Parpol," tandasnya.

Pelaksanaan rekap penghitungan perolehan suara, menurut Weweng, berlandaskan pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2024 dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 219 Tahun 2024 tentang petunjuk pelaksanaan pemungutan pada masing-masing tahapan.

"Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di kabupaten/kota dilakukan dalam rapat pleno rekapitulasi yang dihadiri oleh peserta rapat terdiri dari para saksi, Bawaslu Kabupaten dan PPK," tandasnya.

Weweng mengaku, sangat berbahagia atas partisipasi dan support yang luar biasa dari semua pihak, terutama dari peserta Pemilu tahun 2024.

"Sejauh ini semuanya sangat support bagaimana penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 tahapan demi tahapan mulai dari sosialisasi, sejauh ini aman dan lancar meski ada dinamika sedikit, tetapi itu bagian dari perjalanan demokrasi," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: