Unik, Ada Pisang Bertandan Cabang Dua di TPST Sumpiuh

Unik, Ada Pisang Bertandan Cabang Dua di TPST Sumpiuh

Sutarno mengecek pohon pisang tandan bercabang yang berada di belakang hanggar TPST Sumpiuh, Rabu (28/2/2024).-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tunas pohon pisang di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Sumpiuh, diminati untuk dikembangbiakkan. Sebab, buahnya unik yaitu memiliki tandan bercabang dua.

Pohon pisang dengan tandan buah bercabang berada di sisi belakang hanggar TPST Sumpiuh. Lokasinya memang tidak terlalu luas, berada di area kosong antara pagar keliling dan tembok gudang. Pohon selalu tumbuh tunas-tunas baru dan subur.

"Tunas-tunas pohon pisang ada saja yang mbibit," kata Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) TPST Sumpiuh, Sutarno, Rabu (28/2/2024).

Sutarno menyampaikan, pohon pisang tandan bercabang sudah beberapa kali berbuah. Lantaran buah pisang pada dua tandan tampak tidak ada cacat, sehingga menarik minat orang untuk menanam.

BACA JUGA:Syarifudin Musthofa Perajin Berbahan Pohon Pisang, Sering Juara Lomba, Produk sampai Afrika

BACA JUGA:Produktif di Masa Tua, Lansia Desa Karanggintung Latihan Keterampilan Tali Pelepah Pohon Pisang

Secara ekonomis, pohon pisang yang berbuah dua tandan lebih menguntungkan. Terlebih, setiap sisir pisang ukuran buahnya merata.

Dengan demikian, dalam sekali panen, dapat memperoleh buah pisang lebih banyak hanya dari satu pohon. Keuntungan semakin dirasakan, karena pohon pisang tidak mengenal musim dan dapat berbuah sepanjang musim.

"Pohon pisang tandan buah bercabang ini yang menanam Ketua KSM sebelum saya," kata Sutarno.

Pohon pisang ditopang menggunakan bambu untuk menahan beban dua tandan. Sehingga, batangnya tetap kokoh sampai buah matang. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: