Belum Kerja, 74 Lulusan SMK Dibantu Sertifikasi

Belum Kerja, 74 Lulusan SMK Dibantu Sertifikasi

Serius : Para peserta pelatihan sedang mengikuti kegiatan pelatihan.-Dinkominfo Purbalingga untuk Radarmas -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 74 Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten PURBALINGGA belum diterima kerja. Bersama Dinkominfo PURBALINGGA, mereka difasilitasi pelatihan pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA). 

"Mereka akan diupayakan mendapat sertifikasi operator komputer, dari Badan Nasional sertifikasi Profesi (BNSP)," kata Person in Charge (PIC) VSGA, Vieka, Senin 26 Februari 2024.

Pelatihan VSGA ini berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 26 Februari sampai dengan  1 Maret 2024. Skema pada pelatihan ini adalah Operator Komputer Madya (OKM) yang menyasar lulusan sekolah Vokasi dan kejuruan.

"Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah dalam portofolio para peserta saat melamar pekerjaan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan kontribusi signifikan dalam mempersiapkan para pencari kerja untuk menjadi tenaga kerja yang handal dan berkualitas," paparnya.

BACA JUGA:Kaum Difabel Purbalingga Dapat Pelatihan, Ini Kesulitannya

Pelatihan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan warga masyarakat Purbalingga memasuki dunia kerja, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga. Para peserta yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat.

"Diharapkan nanti teman teman semua yang ikut di sini bisa lolos semuanya dan bisa mendapatkan sertifikat uji kompetensi dari BNSP. Untuk sertifikat di era global ini bisa menjadi poin plus untuk bersaing di industri global khususnya untuk industri IT," tegasnya.

Sementara Itu Kepala Bidang Informatika, Baryati, berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi peserta. Kedepan Dinkominfo Purbalingga bersama BPSDMP Kominfo Yogyakarta juga akan kembali menggelar pelatihan Desain Grafis untuk Guru dan Tenaga Kependidikan

"Harapannya setelah mereka mengikuti pelatihan ini tentunya mendapatkan kompetensi yang dapat digunakan pada saat melamar atau mencari pekerjaan atau membuka peluang kerja," ungkapnya.

BACA JUGA:Pelaksanaan Pelatihan Prakerja Tunggu Pendaftaran di LPK

Salah satu peserta pelatihan, Yunita Sifa Fauzia, yang juga alumni SMKN 1 Purbalingga jurusan Administrasi Perkantoran merasa pelatihan tersebut sangat membantu dirinya untuk meningkatkan kompetensi.

"Untuk mendapatkan sertifikasi dari BNSP, itu kan sertifikasi resmi nasional, nanti diharapkan kedepannya bisa untuk mempermudah saya mencari pekerjaan," katanya. (amr)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: