Peserta Lebih Sedikit, Masyarakat Tetap Antusias Saksikan Kirab Pusaka

Peserta Lebih Sedikit, Masyarakat Tetap Antusias Saksikan Kirab Pusaka

PJ Bupati Banyumas menyapa masyarakat dengan berjalan kaki, saat turut Kirab Hari Jadi Kab Banyumas, Minggu (25/2/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Meski digelar secara sederhana, Kirab Pusaka dalam rangka HUT Banyumas ke 453 berhasil menarik ribuan masyarakat untuk menyaksikan langsung kegiatan rutin tahunan itu. Antusias itu terlihat dari padatnya ruas Jalan Jenderal Soedirman yang sudah ramai sejak, Minggu pagi (25/2). 

Ketua Hari Jadi Banyumas Suwondo menuturkan Kirab Pusaka, menjadi kegiatan pamungkas rangkaian HUT Banyumas ke 453. Ada empat pusaka yang disuguhkan dalam kirab tersebut meliputi ; tombak Kyai Genjring, Keris Kyai Gajah Endro, Keris Kyai Nalapraja dan Keris Kyai Sempana Bener. 

"Selain itu ada juga joli-joli. Foto bupati pertama sampai terakhir," kata dia. 

BACA JUGA:Budidaya Kelompok Wanita Tani Desa Karangrau Terancam Hama Ulat

Dia menambahkan, kirab pusaka selain menjadi hiburan bagi masyarakat di Kabupaten Banyumas. Juga merupakan salah satu upaya Pemkab Banyumas memperkenalkan budaya Banyumasan. 

"Dan menambah pengetahuan masyarakat seputar Banyumas," paparnya. 

Kirab tersebut ia katakan, diikuti oleh 78 regu yang terdiri dari berbagai instansi baik pemerintah dan non pemerintah dan juga masyarakat umum. 

BACA JUGA:Rawan Tawuran, Jalan Tegalandong Tegal Butuh Lampu PJU

"Total ada 2.300 orang. Peserta berkurang sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu," ujarnya. 

Lanjut, untuk kirab tahun ini ia katakan, dihelat lebih sederhana. Meski begitu, tetap menyuguhkan esensi budaya yang sama. 

Sementara itu, Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengaku senang dapat terlibat dan mengikuti prosesi kirab dengan antusias warga yang begitu besar

BACA JUGA:Ban Pecah Kemudian Oleng, Minibus Tabrak Pohon Ditepi Jalan, 6 Orang Alami Luka-Luka

"Masyarakat Banyumas luar biasa. Meskipun ditengah terik matahari, tetap semangat untuk menyaksikan. Harapannya prosesi kirab dapat menjadikan salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Banyumas khusunya pada bulan Februari," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: