Penerapan TIK SPBE Butuh Dukungan SDM dan Peralatan

Penerapan TIK SPBE Butuh Dukungan SDM dan Peralatan

Bahas : Jajaran Dinkominfo dan Inspektorat Purbalingga sedang membahas audit TIK SPBE, kemarin.-Dinkominfo Purbalingga untuk Radarmas -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mempermudah pelayanan terus dioptimalkan Pemkab Purbalingga. Yaitu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo). Namun dalam perjalanannya, masih ada beberapa kendala yang harus dibenahi dan disikapi dengan baik.

Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, Statistik, dan Persandian (ITIKSP), Sapto Suhardiyo menjelaskan untuk SDM perlu dilakukan diklat terkait SOC (security operating Center) keamanan Siber, jaringan network, penetrasi testing, peningkatan SDM programmer terkait update teknologi informasi.

"Pemenuhan SDM baru mulai dilaksanakan pertengahan tahun 2022 lalu. Kemudian dukungan anggaran juga harus maksimal," ujar Sapto.

Kemudian yang harus dioptimalkan lagi yaitu, peralatan jaringan TIK, laptop, SOC itu termasuk  perangkat komputer, layar monitor juga ruangan yang representatif Personal Computer (PC).

BACA JUGA:Kuatkan Data di Purbalingga, Dinkominfo Susun Perbup Geospasial

Sementara itu, tak lama lagi akan ada audit dari Inspektorat. Berbagai tahapan dan teknis protokol audit TIK sedang berjalan. Karena SPBE tak terpisah dari TIK.

"Audit TIK SPBE terdiri dari Audit Infrastruktur SPBE, Audit Aplikasi SPBE, Audit Keamanan SPBE, dengan empat domain pemeriksaan audit yakni tata kelola TIK, manajemen TIK, fungsionalitas dan kinerja infrastruktur dan aplikasi, serta aspek TIK lainnya," rincinya.

Audit TIK, yaitu proses sistematis untuk mengevaluasi bukti secara objektif terhadap aset TIK dengan tujuan atau kesesuaian dengan standar yang ditetapkan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: