Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Olahraga Pagi

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Olahraga Pagi

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Olahraga Pagi-Buka Review -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Olahraga pada pagi hari merupakan kebiasaan sehat yang banyak diminati oleh banyak orang. Udara segar dan semangat yang baru membuatnya menjadi waktu yang ideal untuk memulai hari dengan aktivitas fisik. 

Namun, terdapat kesalahan-kesalahan tertentu yang seringkali dilakukan tanpa disadari, yang dapat mengurangi manfaat yang diperoleh dari olahraga pagi tersebut. Berikut ini adalah kesalahan yang perlu diperhatikan agar olahraga pagi memberikan manfaat maksimal:

1. Menghindari Sarapan Sebelum Berolahraga

Salah satu kesalahan utama yang perlu dihindari adalah tidak melakukan sarapan sebelum berolahraga. Meskipun terkadang seseorang mungkin merasa bahwa tidak memiliki waktu untuk sarapan atau merasa lebih nyaman berolahraga dengan perut kosong, hal ini sebenarnya dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan dan kinerja fisik.

Meskipun tidak disarankan untuk makan berat sebelum berolahraga pagi, mengonsumsi makanan ringan seperti setengah potong pisang dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas fisik dengan baik. Tidak mengisi perut sebelum olahraga pagi dapat mengakibatkan penurunan kadar gula darah.

BACA JUGA:Sederet Manfaat Olahraga Sore Hari

BACA JUGA:Olahraga yang Cocok Dilakukan Sore Hari

Selain itu, berolahraga dalam kondisi perut kosong dapat memperlambat metabolisme tubuh, yang pada akhirnya dapat menghambat proses pembakaran lemak dan menyebabkan penumpukan kalori dalam bentuk lemak.

Sarapan sebelum berolahraga pagi penting untuk memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik selama aktivitas fisik. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan sedikit protein dapat memberikan sumber energi yang tahan lama dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama olahraga.

Beberapa contoh makanan yang direkomendasikan untuk sarapan sebelum berolahraga pagi termasuk oatmeal dengan buah-buahan segar, yogurt rendah lemak dengan granola, telur rebus dengan roti gandum, atau smoothie buah dengan tambahan protein seperti whey protein atau yoghurt Greek. 

2. Mengkonsumsi Banyak serat

Makanan yang kaya serat memang merupakan bagian penting dari pola makan sehat, membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Namun, saat memulai aktivitas fisik, terlalu banyak konsumsi serat dapat menjadi kesalahan yang mengganggu. 

Terlalu banyak serat dalam makanan sebelum olahraga pagi dapat membuat perut terasa kenyang dan mengganggu kinerja fisik karena kurangnya energi yang cepat tersedia. Pada saat seperti ini, tubuh lebih membutuhkan sumber energi yang dapat segera digunakan, seperti gula sederhana, yang dapat langsung dibakar menjadi kalori.

BACA JUGA:Bahaya Olahraga di Siang Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: