Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Jarang Diketahui

Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Jarang Diketahui

Manfaat Menangis untuk Kesehatan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat menangis tidak hanya sebagai penanda kesedihan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Menangis adalah aspek yang sangat manusiawi dan dapat terjadi pada siapa pun, kapan pun.

Menangis merupakan salah satu bentuk ungkapan emosi yang alami dan normal, tanpa memandang jenis kelamin. Selain itu, menangis juga memberikan manfaat yang baik bagi kesejahteraan tubuh kita.

Terdapat tiga jenis air mata yang dihasilkan ketika kita menangis, dan setiap jenis memiliki fungsi yang unik. Air mata refleks berperan dalam melindungi mata dari iritasi, sedangkan air mata basal membantu menjaga kelembapan, nutrisi, dan perlindungan mata. Di sisi lain, air mata emosional muncul saat kita merasa sedih atau bahagia.

Ini menunjukkan bahwa menangis adalah bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman manusia, yang tidak hanya menunjukkan kerentanan kita, tetapi juga kekuatan kita untuk menghadapi emosi.

BACA JUGA:Tips Bagi Orang Tua untuk Mengatasi Anak yang Mudah Menangis

BACA JUGA:Mengapa Meditasi Cokelat Efektif Mengurangi Stres? Temukan Rahasianya di Sini!

Manfaat Menangis untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Selain sebagai ekspresi perasaan, sebenarnya ada banyak manfaat menangis yang dapat dirasakan. Tidak hanya bagi kesehatan mental, manfaat menangis juga memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik

Berikut beberapa manfaat menangis yang patut diperhatikan:

1. Mengurangi stres

Penelitian telah membuktikan bahwa manfaat menangis dapat merangsang produksi hormon endorfin, yang dapat membuat kita merasa lebih baik, mengurangi rasa sakit, dan meredakan stres. Selain itu, menangis juga mampu menurunkan produksi hormon kortisol yang terkait dengan stres, sehingga membantu mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

2. Meningkatkan mood

Perubahan suasana hati seringkali disebabkan oleh akumulasi kadar mangan dalam tubuh. Namun, dengan menangis, kelebihan mangan tersebut dapat dikeluarkan bersamaan dengan air mata, sehingga suasana hati kita menjadi lebih baik setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: