HPSN, Masih Ditemukan Buang Sampah di Sungai

HPSN, Masih Ditemukan Buang Sampah di Sungai

Bersih Sungai : Lintas Komunitas saat melaksanakan bersih sungai yang kadang dilakukan insidental.-Amarullah Nurcahyo dok -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sampah masih menjadi perhatian semua pihak, termasuk pemerintah. Namun kesadaran tidak membuang Sampah di sungai masih memprihatinkan. Karenanya, menjelang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 24 Februari 2024 ini kembali digerakkan lagi untuk membangkitkan lagi kesadaran masyarakat.

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup) M Nurdin Luthofa MSi, hanya mengungkapkan semua pihak bisa melihat sendiri kondisi sungai, seperti di wilayah kota. Kadang masih ditemukan tumpukan sampah, terutama saat kondisi hujan seperti ini.

"Upaya kami tetap memberikan edukasi. Diantaranya melalui memen HPSN 2024 dengan menggandeng lintas komunitas," katanya.

Panitia HPSN 2024, Rully yang juga pegiat My Trip My Adventure (MTMA) Purbalingga mengiyakan keprihatinan buang sampah sembarangan itu. Kondisi sungai masih menjadi lokasi pembuangan sampah, tapi tidak semua.

BACA JUGA:Atasi Penumpukan Sampah, TPA Pengadegan Bakal Gandeng Pihak Ketiga

"Saat kami sisir bersih sungai, masih ditemukan sampah yang tidak seharusnya ke sungai. Itu ditemukan setiap kegiatan, seperti saat HPSN," tegasnya, Selasa 20 Februari 2024.

Kesadaran ini yang terus digaungkan agar masyarakat memiliki tangungjawab terhadap pengelolan sampah di lingkungan mereka. “Kami menyadari, DLH memiliki keterbatasan dalam pengelolaan sampah karena keterbatasan alat. Sehingga masyarakat wajib ikut melakukan pengelolaan sampah, yakni dengan melakukan pemilahan sampah,” tambahnya.

Rully juga mengingatkan pihak lain untuk mendukung kesadaran mengelola sampah dan tidak membuang sembarangan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: