Ada Potensi Bencana Hidrometeorologi di Cilacap Akhir Pekan Ini

Ada Potensi Bencana Hidrometeorologi di Cilacap Akhir Pekan Ini

Bencana banjir di Majenang pekan lalu.-DOK BPBD CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi potensi cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah Kabupaten CILACAP beberapa hari ke depan. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, adanya aktivitas Monsun Asia berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, termasuk sekitar wilayah Jawa Tengah.

"Daerah konvergensi dan belokan angin terpantau di sekitar Jawa Tengah. Kemudian labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah," katanya.

Dikatakan Rendi, kondisi tersebut menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat dan dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

BACA JUGA:Seorang Satlinmas PAM TPS Pemilu di Desa Bringkeng, Cilacap Meninggal Dunia, Diduga karena Kelelahan

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Target Eliminasi TB di Tahun 2030

"Kondisi ini berpotensi terjadi pada periode 15 Februari 2024 - 17 Februari 2024 mendatang," kata dia.

Menghadapi potensi cuaca ekstrem, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mengambil langkah antisipasi yang diperlukan.

"Tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," ujar Rendi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: