5 Dampak Orang Tua Selingkuh pada Kesehatan Mental Anak, Jangan Diabaikan!

5 Dampak Orang Tua Selingkuh pada Kesehatan Mental Anak, Jangan Diabaikan!

Dampak Orang Tua Selingkuh bagi Anak-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ketika orang tua terlibat dalam perselingkuhan, sering kali perasaan anak diabaikan karena dianggap belum dewasa dan belum memahami sepenuhnya situasi tersebut. Namun, tanpa disadari, mereka dapat merasa dikhianati dan tersakiti secara emosional. 

Dampak orang tua selingkuh ini dapat berpengaruh pada kesehatan mental anak, bahkan menyebabkan mereka menarik diri dari interaksi sosial.

Dampak orang tua selingkuh tersebut dapat berlangsung dalam jangka panjang, bukan hanya pada pasangan yang terlibat, tetapi juga pada anak-anak yang mengetahui kejadian tersebut. Apalagi, jika anak-anak yang lebih besar menemukan bukti perselingkuhan yang dilakukan oleh salah satu dari orang tua mereka.

Dampak orang tua selingkuh pada anak bervariasi, tergantung pada usia dan karakteristik pribadi masing-masing anak. Beberapa anak mungkin merasa stres, marah, atau kecewa yang berkelanjutan setelah mengetahui perselingkuhan orang tua mereka. 

BACA JUGA:Tips Dasar co-Parenting Bagi Orang Tua yang Bercerai

BACA JUGA:Tips untuk Orang Tua Jika Sang Anak Diasuh Oleh Kakek dan Neneknya

Namun, ada juga yang tidak terlalu terpengaruh oleh situasi yang terjadi pada orang tua mereka.

5 Dampak Orang Tua Selingkuh pada Kesehatan Mental Anak, Jangan Diabaikan!

Meskipun perselingkuhan sering kali dianggap sebagai masalah antara orang dewasa yang terlibat dalam hubungan, dampaknya dapat dirasakan oleh individu di sekitar, terutama anak-anak. Kondisi ini dapat menyebabkan stres dan depresi pada anak, karena mereka kehilangan kepercayaan, rasa aman, dan kenyamanan dari figur yang mereka percayai.

Sementara orang tua mungkin merasa kesakitan ketika mengetahui pasangan mereka berselingkuh, penting untuk tidak terlalu fokus pada perasaan pribadi dan mengabaikan dampaknya pada anak-anak.

1. Merasa marah, kebingungan, dan kekecewaan

Remaja yang sudah memahami arti perselingkuhan akan merasa sangat emosional ketika mengetahui hal tersebut terjadi. Mereka merasa terkhianati oleh orang yang mereka cintai, yang bisa menyebabkan mereka merasa marah, kebingungan, dan kecewa.

BACA JUGA:4 Gaya Parenting ala Orang Tua Jepang yang Bisa Menjadi Inspirasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: