7 Penyebab Anak Menjadi Susah Makan dan Cara untuk Mengatasinya

7 Penyebab Anak Menjadi Susah Makan dan Cara untuk Mengatasinya

Penyebab anak susah makan serta cara mengatasinya -Pinterest -

5. Kebiasaan Makan yang Buruk

Pola makan yang tidak teratur atau konsumsi makanan ringan yang berlebihan bisa membuat anak kehilangan nafsu makan saat waktu makan tiba. Menetapkan jadwal makan yang teratur dan membatasi konsumsi makanan ringan dapat membantu mengembalikan pola makan yang sehat.

BACA JUGA:Mengajari Anak Menjaga Gigi dari Makanan Manis Demi Kesehatan Mulut

BACA JUGA:10 Cara Agar Anak Mau Makan Sayur, Sangat Efektif

6. Ketidaknyamanan Fisik

Anak mungkin menolak makan karena merasa tidak nyaman, misalnya karena gigi berlubang atau masalah pencernaan. Memeriksakan kesehatan gigi secara teratur dan memberikan makanan yang mudah dicerna dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan fisik yang mungkin dialami anak.

7. Pengaruh Lingkungan

Lingkungan makan yang tidak menyenangkan, seperti suasana yang bising atau tekanan untuk makan dengan cepat, dapat membuat anak kehilangan minat pada makanan. Menciptakan lingkungan makan yang tenang dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anak sudah makan yang bisa Anda praktekkan:

- Buatlah Jadwal Makan yang Teratur Menetapkan waktu makan yang teratur dapat membantu mengatur pola makan anak dan mengurangi kecenderungan untuk makan secara sembarangan atau menolak makan.

- Beri Pilihan Makanan

Berikan anak pilihan makanan yang sehat dan bervariasi, tetapi tetap dalam batas yang dapat diterima. Ini memberikan mereka rasa kontrol dan memungkinkan mereka untuk merasa lebih nyaman dengan makanan yang mereka konsumsi.

- Libatkan Anak dalam Persiapan Makanan

Membiarkan anak terlibat dalam proses persiapan makanan, seperti memasak atau menyusun hidangan, bisa membuat mereka lebih tertarik untuk mencoba makanan yang mereka buat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: