Kilang Cilacap Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Bagi Warga

Kilang Cilacap Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Bagi Warga

Salah satu warga saat mempraktekkan proses pemadaman api dengan bimbingan petugas PT KPI RU IV Cilacap.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Tingginya potensi musibah kebakaran di wilayah permukiman warga menjadi perhatian bersama. Ini yang melatarbelakangi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menyelenggarakan sosialisasi penanggulangan kebakaran bagi warga Cilacap dalam rangkaian Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024.

Kegiatan diselenggarakan Kamis (1/2/2024) hingga Jumat (2/2/2024) di tiga aula kecamatan di wilayah kota. Yakni Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap Utara, dan Cilacap Selatan. Peserta sosialisasi dari unsur staf kecamatan, Lurah dan perangkatnya, PKK, Linmas, Pokdar Kamtibmas, tokoh masyarakat, relawan pemadam kebakaran, termasuk relawan bencana industri, dan perwakilan warga.

Ketua Bulan K3 RU IV Cilacap, Wahyu Agus Susanto menyebutkan, kegiatan ini menjadi wujud kepedulian perusahaan menghadapi permasalahan sosial di masyarakat.

"Salah satu permasalahan sosial adalah bencana kebakaran yang bisa terjadi kapan saja di mana saja. Data yang ada menunjukkan kebakaran di permukiman karena minimnya pemahaman dalam penanggulangan kebakaran di masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA:Uji Kesigapan Penanganan Keadaan Darurat, Kilang Pertamina Cilacap Gelar Major Emergency Drill Level 2

BACA JUGA:El Nino Alert di Kilang Pertamina Internasional Cilacap Raih 2 Penghargaan KPI Group Awards 2023

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta memahami upaya penanganan kebakaran setidaknya di skala rumah tangga.

"Selanjutnya mereka yang mengikuti kegiatan ini juga bisa menyebarluaskan ilmu yang diperoleh kepada tetangga, kerabat, dan saudara di lingkungan terdekat," tambah Wahyu.

Materi penanggulangan kebakaran disampaikan oleh Section Head Emergency and Insurance PT KPI RU IV, Sjahru Sjakbani. Di antaranya terkait Karakteristik Api, Metode Pemadaman, Taktik dan Strategi Pemadaman. Tak hanya teori, peserta juga diajak praktik langsung pemadaman api skala kecil dengan media karung basah dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Camat Cilacap Tengah, Bambang Wijoseno menyambut, antusias kegiatan ini sebagai pegetahuan yang sangat bermanfaat untuk warga.

"Dengan pelatihan ini, warga jadi tahu dan mampu. Tahu tentang teori penanganan api dan kebakaran, serta mampu melakukan tindakan jika terjadi kebakaran dalam kondisi darurat sehingga potensi kebakaran di rumah tangga bisa diminimalisir," ujarnya.

Senada, Camat Cilacap Utara Sunarti menyebutkan, kegiatan ini penting sebagai bekal bagi masyarakat untuk menghadapi kondisi darurat kebakaran.

"Luar biasa, kegaitan ini sangat bermanfaat. Kita semua berharap tidak pernah ada bencana kebakaran, kalaupun terjadi terjadi kita harus siap dan pelatihan ini sebagai sarana membangun kesiapsiagaan. Terimakasih PT KPI," ungkapnya. (*/ads)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: