Cendekiawan Kemusliman, UMP Uji Keterampilan Baca Al-Quran Bagi Mahasiswa Baru

Cendekiawan Kemusliman, UMP Uji Keterampilan Baca Al-Quran Bagi Mahasiswa Baru

UMP melalui Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) mengadakan Tes Baca Al-Quran serentak di Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Senin(22/1/2024) kemarin. -Humas UMP untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) mengadakan Tes Baca Al-Quran serentak di Auditorium Ukhuwah Islamiyah pada Senin, 22 Januari 2024 kemarin.

Ketua LPPI UMP, Dr. Asep Daud Kosasi, M.Ag, menyampaikan bahwa sebanyak 3.700 mahasiswa baru tahun akademik 2023 hadir dan siap mengikuti tes baca Al-Quran secara bertahap.

Menurut Dr. Asep Daud Kosasi, tes baca Al-Quran menjadi prasyarat bagi mahasiswa UMP untuk mengikuti mata kuliah kemuhammadiyahan, Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan syarat wisuda.

“Pelaksanaan tes baca Al-Quran kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana tes ini dilakukan pada penghujung semester pertama perkuliahan setelah disertai sosialisasi terlebih dahulu. Kelulusan dalam tes ini dianggap sebagai perwujudan cita-cita UMP dalam melahirkan cendekiawan kemusliman,” ungkapnya.

Dr Asep Daud Kosasi menekankan bahwa UMP tidak hanya ingin menciptakan cendekiawan akademik, tetapi juga cendekiawan Muslim. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan kecendekiawanan dan kemusliman dengan menanamkan nilai-nilai taffakur dan tadzakkur.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama, Saefurrohman, Ph.D, mengatakan bahwa tes baca Al-Quran merupakan upaya untuk membawa cahaya ilahi melalui "Voice of God".

“Melalui tes ini, mahasiswa diajak untuk membiasakan mendengarkan dan melantunkan ayat-ayat Al-Quran, serta berdzikir untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam diri mereka dan menyebarkan cahaya kebaikan di dunia,”
 pungkasnya. (qbi/tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: