Tak Cuma Ngamen, Ini Cara Remaja Jalanan Agar Bisa Makan

Tak Cuma Ngamen, Ini Cara Remaja Jalanan Agar Bisa Makan

Remaja jalanan naik kendaraan polsek untuk diantar ke kecamatan menunggu jemputan dari pihak keluarga atau pemerintah desa, Rabu (24/1/2024) lalu.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada banyak cara bagi remaja jalanan untuk bertahan hidup menggelandang. Mereka tidak hanya mengandalkan mengamen agar memperoleh uang untuk makan.

Cara lainnya untuk bisa mengantongi uang adalah dengan menggadaikan barang yang dibawa. Misalnya, gadai ponsel pintar, lalu uangnya untuk membeli makan.

"Dari pengakuan remaja jalanan saat pembinaan, ada yang gadai handphone ke pedagang kaki lima," jelas Satpol PP Kabupaten Banyumas Wilayah eks Kawedanan Sumpiuh, Nasikhin.

Gadai barang terbilang cara gampang bagi remaja jalanan agar memiliki uang tunai. Sehingga, dapat membeli makan ketika perut merasa lapar.

BACA JUGA:Sepuluh Remaja Jalanan Resahkan Warga

BACA JUGA:Maraknya Kenakalan Remaja, Ini Cara Self Care di Usia Remaja

Selain itu, remaja jalanan memanfaatkan jejaring pertemanan. Ketika hidup di jalan, sesama mereka memiliki tingkat solidaritas yang tinggi.

Biasanya di suatu wilayah yang sedang disinggahi remaja jalanan terdapat kawan untuk bernaung. Tidak jarang untuk menampung dan menyediakan makanan.

"Kami seringnya melakukan pendekatan ke pemimpinnya terlebih dulu, istilahnya pentolan. Kami berusaha memberikan pengertian," imbuh Nasikhin. 

Ketika pendekatan dan pembinaan, disebut Nasikhin bahwa sisi kemanusiaan tetap dikedepankan. Meskipun keberadaan mereka sering membuat risih masyarakat. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: