Mengenal Benjolan pada Bayi, Serta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengenal Benjolan pada Bayi, Serta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Benjolan pada bayi serta cara untuk mengatasinya -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ketika seorang bayi lahir, kepala mereka masih sangat lembut dan fleksibel karena tulang tengkoraknya belum menyatu sepenuhnya. Kondisi ini memungkinkan otak untuk tumbuh dengan baik selama beberapa bulan pertama kehidupan. Namun, terkadang orangtua dapat merasa khawatir ketika mereka menemukan benjolan pada kepala bayi mereka. 

Mengenal Tentang Benjolan Pada Kepala Bayi

Benjolan pada kepala bayi adalah pembengkakan atau tonjolan yang muncul di area kepala bayi. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk proses kelahiran yang cepat atau sulit, hematoma (kumpulan darah di bawah kulit), kista, infeksi kulit, atau bahkan tumor (meskipun ini jarang terjadi). 

Benjolan ini memiliki ukuran dan bentuk yang sangat bervariasi, dan dapat menjadi sumber kekhawatiran bagi orangtua karena bisa menandakan ada masalah kesehatan pada bayi yang serius atau hanya kondisi yang normal dan tidak berbahaya.

BACA JUGA:Ternyata Ini Manfaat Spa Bayi untuk Kesehatan yang Harus Orang Tua Ketahui!

BACA JUGA:13 Tips Hemat Belanja Perlengkapan Bayi yang Orang Tua Harus Tahu!

Penyebab Benjolan Pada Kepala Bayi

Berikut ini adalah beberapa penyebab Benjolan pada kepala Bayi:

1. Benjolan Cepat

Kadang-kadang, benjolan pada kepala bayi adalah hasil dari proses kelahiran yang cepat atau sulit. Selama persalinan, tekanan yang diberikan pada kepala bayi dapat menyebabkan pembengkakan atau memar.

2. Hematoma

Hematoma adalah kumpulan darah di bawah kulit. Hematoma subperiosteal adalah jenis hematoma yang umum terjadi pada bayi baru lahir. Ini terjadi ketika darah mengumpul di bawah periosteum, lapisan tipis jaringan yang melapisi tulang tengkorak. Hematoma ini bisa muncul sebagai benjolan yang besar dan lembut pada kepala bayi.

3. Kista

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: