Gelombang Tinggi di Cilacap Berpotensi Hingga Akhir Pekan

Gelombang Tinggi di Cilacap Berpotensi Hingga Akhir Pekan

Masyarakat bermain di Pantai Adipala.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan, untuk mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi 1,0 - 3,0 meter. gelombang tinggi diprediksi terjadi di Samudra Hindia, selatan Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Gelombang tinggi yang berkisar 1,0 - 3,0 meter juga berpotensi terjadi di Samudera Hindia selatan Cilacap," kata Kepala Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan, Kamis (25/1/2024).

Teguh mengatakan, potensi terjadinya gelombang tinggi hingga sangat tinggi tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia dominan bergerak dari barat daya hingga barat dengan kecepatan angin berkisar 2-15 knot.

"Perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan. Potensi ini hingga tanggal 27 Januari mendatang," katanya.

BACA JUGA:Penjambretan Kembali Terjadi di Cilacap, Pelaku Menyasar Korban Perempuan

BACA JUGA:Menang Dalam Dua Laga Awal, PSCS Cilacap U-15 Puncaki Grup A Putaran Nasional Piala Suratin

Untuk mengetahui kondisi terkini, pihaknya terus melakukan pemantauan, perkembangan tinggi gelombang tersebut dan akan segera menginformasikan kepada masyarakat jika ada perkembangan lebih lanjut.

"Kami mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, karena kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter berisiko terhadap perahu nelayan," katanya. 

Selain itu, masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar tetap selalu waspada. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: