Puskesmas Pekuncen I Usul Pembangunan Pustu di Desa Semedo

Puskesmas Pekuncen I Usul Pembangunan Pustu di Desa Semedo

Semenjak pengembangan puskesmas di wilayah Kecamatan Pekuncen menjadi dua puskesmas, Puskesmas Pekuncen I saat ini tidak memiliki pustu.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyuma-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam pertemuan antara Penjabat (Pj) Bupati Banyumas dengan pihak Puskesmas Pekuncen I dan Dinas Kesehatan Banyumas, Rabu (24/1), Kepala Puskesmas Pekuncen I, dr Dewi Astuti mengusulkan pembangunan puskesmas pembantu (Pustu) di Desa Semedo.

Dewi mengatakan, dulunya di Kecamatan Pekuncen hanya ada satu puskesmas sebelum dibangun Puskesmas Pekuncen II, sekira tahun 2020. Paska pembangunan Puskesmas Pekuncen II selesai, sesuai kewilayahan maka pustu yang ada masuk di wilayah kerja Puskesmas Pekuncen II.

"Puskesmas Pekuncen I saat ini dengan pengembangan puskesmas di wilayah Kecamatan Pekuncen tidak memiliki Pustu," katanya.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya mengusulkan kepada Pemkab Banyumas agar membangun Pustu di Desa Semedo dengan pertimbangan dapat menjangkau banyak wilayah seperti Petahunan yang terletak di pegunungan. Selain itu dengan adanya pustu di Desa Semedo diharapkan pelayanan Puskesmas keliling dari Puskesmas Pekuncen I.

BACA JUGA:Dua Puskesmas di Banyumas yang Berdiri di Tanah Desa Akan Direlokasi Tahun Ini

BACA JUGA:Puskesmas Purwokerto Timur II Butuh Pembenahan

"Dalam satu hari pelayanan puskesmas keliling bisa sampai 80 orang," terang Dewi.

Menanggapi usulan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dr. Widyana Grehastuti, Sp.OG, MED menambahkan terkait usulan tersebut pihaknya berpesan pada pihak puskesmas sebelum mengusulkan pembangunan pustu agar memastikan adanya dukungan penggunaan tanah Desa Semedo untuk pembangunan pustu dari kepala desa.

"Jangan sampai setelah dibangun kepala desa yang sekarang mendukung tetapi kepala desa periode berikutnya berbeda," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: