Cara Menjaga Hubungan Baik Anak dan Orangtua Broken Home

Cara Menjaga Hubungan Baik Anak dan Orangtua Broken Home

Berbagai cara berikut yang bisa Anda gunakan untuk menjaga hubungan baik orangtua-anak di rumah tangga yang broken home.-Fahma Ardiana-

2. Berpartisipasi dalam Kegiatan Sekolah Anak

Sesibuk apapun anda dengan pekerjaan, usahakan anda menghadiri acara-acara penting di sekolah anak anda, misalnya saat kompetisi olahraga, pertunjukan seni, kegiatan ekstrakurikuler, dll. Usahakan juga orang tua ikut bersama atau bergantian menghadiri acara ini agar anak selalu merasa dihargai dan diperhatikan oleh orang tuanya. 

3. Selalu Dengarkan Anak

Biarkan anak Anda tahu bahwa Anda ingin mendengar cerita mereka. Namun, saat berkomunikasi, usahakan selalu untuk tetap fokus pada apa yang diucapkan anak dan berikan perhatian penuh. Dengarkan perasaannya dan ajukan pertanyaan yang sesuai dengan usianya. 

BACA JUGA:Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat Orang Tua dan Anak

BACA JUGA:Tipe-Tipe Parenting Serta Pengaruhnya Pada Anak

 

 

Misalnya, Anda bisa bertanya kepada anak bungsu Anda tentang hal-hal sederhana seperti mata pelajaran favoritnya, apa yang mereka lakukan sepanjang hari di sekolah, dan apa makanan favoritnya. Pertanyaan sederhana seperti ini dapat menjaga keintiman dan keharmonisan hubungan antara orang tua dan anak yang terasing.

4. Mendorong Anak untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Tuanya

Mendorong anak untuk selalu menjaga hubungan baik dengan orang tuanya meskipun setelah berpisah. Untuk mencapai hal tersebut, orang tua perlu memberikan contoh yang baik dan membuat anak mengerti bahwa orang tua akan memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup meski mereka tidak lagi bersama.

5. Hindari Mengirim Anak ke Tempat Penitipan Anak

Jika memungkinkan, hindari mengirim anak Anda ke tempat penitipan anak. Namun, jika Anda perlu menghadiri suatu acara yang tidak memungkinkan untuk sambil membawa anak, cobalah bekerja sama dengan orang tua Anda untuk merawat anak Anda daripada menyewa babysitter. 

Cara ini bisa dijadikan salah satu alat untuk membangun hubungan yang baik dan sehat pasca perceraian. Yakinkan anak Anda bahwa mereka adalah prioritas dan tunjukkan secara langsung melalui tindakan nyata Anda. 

Cobalah cara-cara di atas untuk menjaga hubungan baik antara orang tua dan anak bahkan setelah berpisah. Menjadi anak dari keluarga Broken Home tentu membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang lebih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: