Warga Jatilarangan Pertahankan Ronda

Warga Jatilarangan Pertahankan Ronda

Warga di RT 5 RW 3 Jatilarangan berkumpul di Pos Ronda, berjaga-jaga apabila ada kejadian musibah di lingkungan, malam Minggu (21/1/2024).-Sutarno untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Warga RT 5 RW 3 Jatilarangan, Kelurahan Sumpiuh, Kecamatan Sumpiuh terus memupuk kesadaran akan keamaan lingkungan. Warganya guyub mempertahankan terlaksananya kegiatan ronda malam.

Warga setempat, Sutarno mengatakan, warga RT 5 RW 3 menganggap bahwa ronda merupakan suatu kebutuhan dalam bermasyarakat. Sehingga, bagi yang sedang jadwal piket ronda tidak merasa beban ketika menjalankan.

"Warga masih rajin ronda karena kebutuhan keamanan. Juga, jaga-jaga apabila ada kejadian musibah di lingkungan," ucap Sutarno, Minggu (21/1/2024).

Warga yang kebagian jatah ronda berkeliling lingkungan. Memantau situasi dan kondisi terutama di jam rawan ketika waktu pada umumnya orang sedang tidur pulas dalam istirahatnya.

BACA JUGA:Kenthongan Banyumas Juara Bawakan Tembang Ronda Bertema Siskamling di Event Menoreh Tourism Festival 2022

BACA JUGA:Petugas Ronda Dilatih Beladiri

Selain itu, petugas ronda sekaligus mengambil iuran kas RT atau disebut jimpitan. Iuran bukan berupa uang. Melainnya dalam bentuk beras. Setiap hari, warga mengisi beras pada wadah untuk diambil oleh yang sedang ronda malam.

"Beras yang terkumpul nantinya dijual untuk pemasukan kas RT," ujar Sutarno.

Menyisihkan sedikit beras untuk iuran kas RT dinilai tidak memberatkan warga. Ketimbang harus memberikan sejumlah nominal uang setiap harinya.

Oleh karenanya, tidak heran apabila melintasi lingkungan RT 5 RW 3 Jatilarangan di malam hari masih bergeliat. Pos ronda tidak pernah sepi. Karena, setiap warga memberikan andil dalam kegiatan ronda. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: