Pohon Tumbang Tutup Jalan Kabupaten Kenai Atap Rumah Warga

Pohon Tumbang Tutup Jalan Kabupaten Kenai Atap Rumah Warga

Kondisi pohon tumbang menutup jalan kabupaten ruas Sokawera-Sumpiuh pada Jum'at (19/1/2023) malam.-Wahid untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Potensi cuaca ekstrem, warga dihimbau untuk selalu waspada. Hujan disertai angin kencang telah menumbangkan pohon, dan menutup jalan kabupaten ruas Sokawera-Sumpiuh Jum'at (19/1/2023) malam.

Anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sumpiuh, Wahid Syarifudin menceritakan, pohon yang tumbang berjarak sekira seratus meter dari rumahnya di Ketanda. 

Dia menceritakan, kejadian bermula ketika hujan mulai berhenti. Lalu, angin kencang tiba-tiba datang dari arah barat. Sebuah pohon besar tidak mampu bertahan diterpa angin sehingga tumbang.

"Pohon tumbang bagian pucuk-pucuknya sempat mengenai atap rumah warga," terang Wahid, Minggu (21/1/2024).

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Peneduh Tumbang Tutup Sebagian Jalan Jenderal Soedirman

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Sebabkan Pohon Tumbang Tutup Jalur Wisata Limpakuwus Sumbang

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa pohon tumbang. Rumah warga di Desa Selanegara yang terserempet pucuk-pucuk pohon juga tidak mengalami kerusakan.

Warga sekitar berbondong-bondong ke lokasi kejadian untuk evakuasi pohon tumbang. Warga terutama laki-laki kerja sama menyingkirkan pohon yang menutup badan jalan. Ada yang membawa gergaji mesin dan gorok manual.

Selama evakuasi pohon tumbang, akses di lokasi sementara waktu ditutup. Tidak berselang lama, lalu lintas kembali lancar.

"Malam itu, angin kencang yang berkali-kali menerpa lapak Pasar Sibangkong sampai ada asbes terbang ke jalan dan pecah," imbuh Wahid.

Oleh karena itu, di masa cuaca ekstrem Wahid mengajak untuk tidak lengah terhadap potensi bencana. Hujan disertai angin kencang rawan terjadi pohon tumbang. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: