Mendidik Balita dengan Gaya Parenting yang Benar

Mendidik Balita dengan Gaya Parenting yang Benar

Mendidik Balita dengan Gaya Parenting yang Benar-Parenting -

BACA JUGA:Mengenal Pola Asuh Tiger Parenting dan Dampaknya pada Perkembangan Anak

BACA JUGA:Cara Parenting yang Baik Terhadap Anak

Contohnya, ketika anak  menggambar dinding dengan krayon hari ini dan menyebarkan mainan keesokan harinya, yang mungkin membuat Anda pusing. Namun, ingatlah bahwa membereskan mainan mungkin tidak semudah yang Anda pikirkan bagi seorang anak.

Mengikuti pola pikir anak dapat menjadi kunci untuk mendidik dengan efektif. Alih-alih kesal, cobalah membantu anak membereskan mainannya dan memberikan contoh positif. Dengan melibatkan diri secara aktif, Anda tidak hanya menunjukkan dukungan pada anak, tetapi juga membantu mereka memahami tindakan yang diharapkan.

Ingatlah, membentuk kepatuhan pada anak memerlukan kesabaran dan kemampuan untuk melihat dunia dari perspektif mereka. Dengan mengikuti pola pikir anak, Anda membuka jalan untuk ketaatan yang didasari oleh pengertian dan contoh yang baik.

3. Menciptakan Lingkungan Kondusif

Untuk mendidik anak dengan baik, hindarilah berbagai godaan yang dapat mengganggu konsentrasi anak. Upayakan menciptakan lingkungan yang tenang dan fokus untuk membantu mereka menjelajahi dunia dengan lebih terkendali.

BACA JUGA:Cara Parenting yang Baik Terhadap Anak

BACA JUGA:9 Tips Parenting pada Anak dari Keluarga Broken Home, Jadi Berkembang dengan Baik!

Menurut Rex Forehand, Heinz, dan Rowena Ansbacher, profesor psikologi di University of Vermont, menciptakan suasana yang kondusif adalah kunci dalam mendidik anak balita agar menjadi anak yang nurut. Suasana yang kondusif menciptakan landasan positif bagi tumbuh kembang anak.

Saat anak mulai membangkang, hindari hukuman yang bersifat negatif. Sebaliknya, pindahkan perhatiannya ke aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian mereka. Ini membantu menciptakan lingkungan yang tidak hanya mendukung eksplorasi anak tetapi juga mengajarkan mereka cara mengelola emosi dan perubahan fokus.

4. Memberikan Hukuman dengan Bijak

Pemberian hukuman pada anak adalah langkah yang diperlukan untuk menegaskan kedisiplinan dalam mendidik mereka agar menjadi anak yang nurut. Meskipun banyak orangtua merasa enggan memberikan hukuman, sikap tegas dapat menjadi aspek penting dalam membentuk karakter anak.

BACA JUGA:Mengenal Pola Asuh Anak Uninvolved Parenting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: