Cegah Abrasi, Seribu Cemara Laut Ditanam di Pesisir Pantai Cilacap

Cegah Abrasi, Seribu Cemara Laut Ditanam di Pesisir Pantai Cilacap

Kegiatan penanaman cemara laut di pesisir pantai Cilacap.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Wilayah Kabupaten CILACAP rawan terkena bencana alam. Salah satunya daerah pesisir pantai yakni merupakan daerah merah tsunami yang ancamannya tinggi. 

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap terus berupaya melakukan mitigasi untuk mengatasi hal tersebut. Seperti vegetasi pantai dengan menanam tanaman cemara laut. 

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Murri mengatakan, pihaknya telah menanam tanaman tersebut di sekitaran pantai. Bahkan penanaman tersebut dilakukan secara rutin dengan menggandeng sejumlah pemangku kebijakan.

"Bersama stakeholder kita naman seribu pohon cemara laut ini akan membuat pesisir Pantai Teluk Penyu menjadi rimbun," kata Pj Bupati Cilacap, Jumat (19/1/2024).

BACA JUGA:Terganjal Usia, 50 Guru Madrasah di Cilacap Belum Dapatkan SK Inpassing

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Butuh Rp 11 Miliar untuk Pilkades Serentak

Dikatakan Pj Bupati Cilacap, penanaman cemara laut di sepanjang pesisir pantai dapat berfungsi sebagai pelindung dari tsunami, gelombang tinggi dan abrasi pantai. 

"Disisi lain, cemara laut juga berfungsi untuk mengurangi dan mengubah kecepatan angin, sehingga dapat mengurangi laju angin ke wilayah sekitar laut," kata Pj Bupati Cilacap.

Pj Bupati Cilacap mengatakan, pihaknya tetap mengutamakan kepentingan masyarakat yang lebih luas. Dengan upaya tersebut diharapkan kelestarian alam nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: