Ramai Kunjungan, Klenteng Boen Tek Bio Banyumas Buat Regulasi

Ramai Kunjungan, Klenteng Boen Tek Bio Banyumas Buat Regulasi

Salah satu papan regulasi untuk pengunjung Klenteng Boen Tek Bio Banyumas, Kamis (18/1/2024).-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pembangunan Kota Lama Banyumas telah selesai dan menampilkan suasana vintage. Hal itu meningkatkan kunjungan yang berdampak ke lokasi di area Kota Lama Banyumas. Salah satunya kunjungan ke Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Boen Tek Bio Banyumas.

Klenteng Boen Tek Bio Banyumas berada di segmen satu koridor pedestrian Jalan Pungkuran-Mruyung Banyumas Kota Lama. Pengunjung banyak yang tertarik masuk ke klenteng.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pengurus Klenteng Boen Tek Bio Banyumas memiliki regulasi untuk pengunjung. Mengingat klenteng merupakan tempat ibadah.

"Pengunjung tidak menyentuh peralatan sembahyangan apapun, diharapkan tertib, menjaga kesakralan dan tenang," terang Humas Klenteng Boen Tek Bio Banyumas Sobita Nanda, Kamis (18/1/2024).

BACA JUGA:Ini Acara Imlek 2023 di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto

BACA JUGA:Klenteng Hok Tik Bio Purwokerto Mulai Beberes Jelang Perayaan Imlek 2573, Ketua: Shio Macan Air

Tertib pengunjung di rumah ibadah lainnya yaitu dimohon untuk tidak mengambil foto atau video di sekitar Altar Sembahyangan. Bisa menjaga ketenangan dan kesopanan. Serta menjaga keindahan dan tidak coret-coret.

Lebih lanjut, Sobita mengatakan, seluruh area terpantau oleh cctv. Pengunjung ketika masuk ke area sembahyang klenteng supaya melepas alas kaki.

"Banyak pengunjung yang minta dipandu, ingin melihat apa itu klenteng. Kemudian saya jelaskan tentang sejarah, filosofi, budaya, dan akulturasi beberapa bangunan," papar Sobita.

Sementara itu, Pengurus Klenteng Boen Tek Bio Banyumas tidak memberlakukan tiket masuk untuk pengunjung alias gratis. Tapi, ada kotak dana di ruang sembahyang kalau mau sumbang atau sedekah. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: